KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilkada 2024, Libatkan Warga di Beji Depok

KPU Gelar Simulasi Pemungutan Suara Pilkada 2024, Libatkan Warga di Beji Depok

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 21:20
share

DEPOK, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Beji, Depok, Sabtu (7/9/2024). Simulasi ini bertujuan mengukur efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan Pilkada, sekaligus memastikan akurasi petugas KPPS dalam mengadministrasikan hasil pemungutan suara.

Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik, mengungkapkan simulasi ini juga menjadi bahan evaluasi yang akan dilaporkan dalam rapat konsultasi dengan DPR. 

"Simulasi ini penting untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan akurasi proses pemungutan serta penghitungan suara," kata Idham.

Simulasi ini menghadirkan suasana mirip dengan pelaksanaan di tempat pemungutan suara (TPS), di mana tenda-tenda didesain layaknya TPS sebenarnya. 

Para petugas KPPS bahkan mengenakan pakaian adat, memberikan sentuhan khas dalam simulasi ini. Mereka tampak menjalankan tugas seperti memeriksa undangan pemilih, menyiapkan surat suara, dan menjaga meja tinta untuk menandai pemilih yang telah memberikan suaranya.

Warga berpartisipasi penuh, mengikuti proses simulasi layaknya pemilu sesungguhnya. 

"Partisipasi masyarakat setempat sangat membantu kami memahami bagaimana pelaksanaan Pilkada 2024 nanti," ujar salah satu petugas.

Simulasi ini juga mencakup berbagai skenario, termasuk penanganan surat suara rusak atau tidak sah. Semua skenario tersebut dirancang agar Pilkada 2024 dapat berjalan lebih lancar, teratur, dan tepat waktu.

Topik Menarik