Sandiaga Uno Ungkap Tantangan Indonesia Jadi Pusat Modest Fashion Dunia

Sandiaga Uno Ungkap Tantangan Indonesia Jadi Pusat Modest Fashion Dunia

Travel | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 21:57
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk membuat Indonesia menjadi modest fashion dunia. Salah satu alasannya, tingkat ekspor fashion Indonesia masih jauh tertinggal.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno belum bisa memastikan Indonesia bisa jadi sebagai pusat modest fashion dunia. Sebab, tingkat ekspor fashion modest Indonesia masih jauh tertinggal dibandingkan negera lain. 

Padahal sebelumnya Sandiaga Uno yakin di Oktober nanti Indonesia akan menjadi pusat modest yang tembus ke internasional. "Kalau kita lihat dari segi size-nya kita sudah ada di lima besar untuk pasarnya. Apalagi untuk impornya kita di lima besar, tapi untuk ekspornya kita masih jauh sekali tertinggal," kata Sandiaga Uno dalam acara Inkubasi tahap 2 road to JMFW 2025 di Jakarta, Rabu (28/8/2024). 

Alih-alih go international, Sandiaga Uno justru kini menetapkan Oktober nanti akan menjadi wadah untuk fashion modest di gelaran Jakarta Muslim Fashion Week.

"Jadi kita tetapkan di bulan Oktober ini sebagai hub modest fashion dengan Jakarta Muslim Fashion Week ini," ujar Sandiaga Uno.

"Dan karena size pasarnya besar kita harus juga kembangkan kekuatan kita khususnya di bidang SDM supaya industri ini juga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya. 

Selain itu, Sandiaga Uno juga mengungkapkan tiga tips agar fesyen modest Indonesia ini bisa masuk global, dengan cara inkubasi, promosi, dan juga pembiayaan. "Dan inkubasi adalah pendampingan terbaik. Kita harus terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi untuk mengembangkan kreasi," tutur Sandiaga Uno.

Topik Menarik