Progres Tol Bayung Lencir-Tempino Capai 85 Persen, Target Rampung Agustus 2024

Progres Tol Bayung Lencir-Tempino Capai 85 Persen, Target Rampung Agustus 2024

Ekonomi | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 15:51
share

MUARO JAMBI, iNews.id - Pembangunan Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Seksi 3 ruas Bayung Lencir-Tempino terus dikebut. Progres proyek tersebut hingga saat ini sudah mencapai 85 persen.

"Masih tersisa 15 persen. Kalau total progres keseluruhan penyelesaiannya sudah mencapai 85 persen. Mohon doanya tidak ada kendala," ucap Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Jalan Bebas Hambatan (JBH) Provinsi Jambi, Benny W Cristiawan, Minggu (7/7/2024).

Benny menambahkan, pada awalnya pembangunan Tol Bayung Lencir-Tempino ditargetkan rampung pada 30 Juni 2024. Namun, proyek tersebut belum rampung karena ada kendala pembebasan lahan.

"Jadi kita (pihak pengelola Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS) ruas Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 diberikan kesempatan diperpanjang sampai akhir Agustus 2024," tuturnya.

Benny menyebut terdapat tiga lokasi pembebasan lahan yang berbeda menjadi kendala, yakni di Simpang Sebidang (exit tol), di Aisi, dan STA 141. Dari 6,5 hektare tambahan, terdapat 106 bidang tanah dan yang sudah dibayarkan sebanyak 101 bidang.

"Masih tersisa 5 bidang lagi tersisa dititipkan di pengadilan. Kita berharap bisa cepat selesai," ucapnya.

Di samping itu, Benny memperkirakan nantinya Bayung ke arah Betung dan Betung ke arah Palembang ditargetkan akan tersambung tahun depan.

Untuk diketahui, Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi Seksi 3 ruas Bayung Lencir-Tempino sepanjang 15,47 kilometer menelan anggaran hingga Rp2,76 triliun. Jika sesuai target, Tol Bayung Lencir-Tempino diperkirakan akan diresmikan paling lama akhir September 2024.

Topik Menarik