Semarak Tahun Baru Hijriah, Warga Cinangka Depok hingga Puncak Bogor Gelar Pawai 

Semarak Tahun Baru Hijriah, Warga Cinangka Depok hingga Puncak Bogor Gelar Pawai 

Terkini | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 21:33
share

DEPOK, iNews.id - Umat Islam Indonesia menyambut 1 Muharram 1446 Hijriah, Sabtu (6/7/2024) malam ini. Momen sukacita Tahun Baru Islam ini juga turut disambut oleh warga Cinangka, Depok.

Berdasarkan pantauan di lokasi, puluhan warga Cinangka berkumpul di Masjid Jami Nurul Falah setelah melaksanakan salat Isya. Warga berkeliling wilayah tersebut, dengan membawa obor di tangannya.

Iring-iringan pawai obor ini dipandu dengan sekelompok warga yang menabuh bedug. Wajah penuh kegembiraan terpancar dari warga yang ikut dalam pawai obor ini. Mereka juga terlihat mengenakan pakaian muslim dalam kegiatan tersebut.

Pawai obor ini juga menjadi momen kebersamaan dengan keluarga. Terlihat, banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya. Tak hanya orang tua, pawai obor ini juga diikuti oleh anak-anak remaja.

Warga Cinangka Depok menggelar pawai obor menyamput Tahun Baru Islam, Sabtu (6/7/2024) (Foto: Felldy Utama)
Warga Cinangka Depok menggelar pawai obor menyamput Tahun Baru Islam, Sabtu (6/7/2024) (Foto: Felldy Utama)

Salah satu warga Cinangka bernama Abdul Rahman mengaku bahagia bisa mengikuti kegiatan pawai obor ini.

"Kan daritadi udah ujan terus dari siang, tapi Alhamdulillah malem ini cuacanya cerah. Makanya pawai obor tetap dilaksanain," ujar Rahman yang ikut pawai obor bersama anak istrinya.

Masyarakat di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor juga menggelar pawai obor. Pawai obor ini bergerak mulai dari depan pintu masuk Vimala Hills di sekitaran Simpang Gadog menuju kawasan Puncak.

Perlahan, para peserta pun berjalan kaki sambil membawa obor yang dipandu oleh mobil komando dengan pengeras suara sambil bersolawatan.

Koordinator Aksi Pawai Obor Habib Iye Al-Jufri mengatakan bahwa kegiatan ini rutin digelar setiap tahun oleh masyarakat Puncak setiap Tahun Baru Islam. Masyarakat pun sangat antusias untuk mengikuti pawai obor di Jalur Puncak ini.

"Target kita sebanyak mungkin, karena kita sendiri, kalau di lokasi ini bisa dilihat. Akan tetapi masyarakat ini antusias di setiap gang yang kita akan lalui mereka (masyarakat) sudah nunggu di setiap gang-gang. Bahkan, bukan hanya menunggu sambil mengikuti, masyarakat pun memberikan semacam suguhan kue, dan lain sebagainya untuk para peserta pawai obor ini berjalan sampai ke arah Cisarua," kata Habib Iye di lokasi, Sabtu (6/7/2024).

Topik Menarik