Rusia Rebut Desa Sokil di Donetsk dari Pasukan Ukraina

Rusia Rebut Desa Sokil di Donetsk dari Pasukan Ukraina

Terkini | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 21:11
share

MOSKOW, iNews.id – Rusia pada Sabtu (6/7/2024) menyatakan pasukannya telah merebut sebuah desa di Provinsi Donetsk, Ukraina. Kemajuan itu diraih Moskow ketika tentaranya terus bergerak perlahan melintasi garis depan medan perang.

Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan, pasukannya telah “membebaskan” Desa Sokil. Desa itu hanya berjarak sekitar 30 km sebelah barat laut Kota Donetsk, ibu kota dari provinsi dengan nama yang sama yang telah dianeksasi Moskow pada 2022.

Sementara Kiev menyatakan, pertempuran paling sengit di seluruh garis depan medan perang terjadi di wilayah Donetsk, tempat pasukan Rusia berusaha mengusir pasukan Ukraina.

Pada Jumat (5/7/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin mengulangi lagi permintaannya agar Kiev menarik diri sepenuhnya dari Provinsi Donetsk, bersama dengan tiga provinsi lainnya di selatan dan timur Ukraina, yaitu Luhansk, Kherson, dan Zaporizhzhia. Permintaan itu harus dipenuhi Ukraina jika negara tersebut memang menginginkan perdamaian dengan Rusia.

Reuters melansir, pasukan Rusia telah mencapai sedikit kemajuan di medan perang pada tahun ini, melawan pasukan Ukraina yang kelelahan, kalah jumlah, dan juga kalah persenjataan.

Topik Menarik