Viral Pemilik Kafe Vietnam Usir Turis Israel: Kami Tak Terima Tamu dari Negara Anda! 

Viral Pemilik Kafe Vietnam Usir Turis Israel: Kami Tak Terima Tamu dari Negara Anda! 

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 11:31
share

JAKARTA, iNews.id - Video seorang pemilik kafe di Hanoi, Vietnam, mengusir turis yang juga blogger asal Israel viral di media sosial. Video yang justru diambil oleh turis itu menunjukkan dia, istri, diminta pergi.

Dari tayangan video, tampaknya pemilik kafe mengetahui bahwa keluarga itu berasal dari Israel berdasarkan topi kippah khas Yahudi yang dipakai sang blogger dan anak laki-lakinya. Tak disebutkan kapan peristiwa itu terjadi.

"Restoran kami tak menerima tamu dari negara Anda," kata pria berkaos putih dalam video, mengatakan kepada keluarga Israel tersebut.

Pria tersebut juga melontarkan perkataan yang membuat sang turis marah.

"Restoran kami hanya menerima manusia, kucing, dan anjing," katanya.

Sang blogger menjawab, apakah dirinya masih dianggap sebagai manusia karena menjadi Yahudi.

Tak lama kemudian, datang perempuan berkaos hitam yang tampaknya istri dari sang pemilik kafe, sambil mengatakan, "Pergilah, pergilah!"

Di bagian akhir video, blogger itu mengatakan dirinya bangga menjadi Yahudi. Dia juga menyerukan orang Israel lainnya untuk tak singgah ke restoran tersebut. Dia juga mengarahkan kameranya ke plang nama kafe yakni Railway Tuan Cafe.  

Sebelumnya, sebuah hotel di Kyoto, Jepang, juga menolak reservasi tamu asal Israel yang diduga sebagai anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Pihak hotel menyinggung soal kejahatan perang Israel di Palestina yang sedang berlangsung.

Namun sikap pemilik hotel itu justru mendapat kecaman dari pemerintah daerah dan Kementerian Luar Negeri Jepang. Aturan di negara itu melarang tempat-tempat bisnis menolak untuk menerima tamu berdasarkan kebangsaan. 

Topik Menarik