RI Punya Pabrik Baterai Kendaraan Listrik, Erick Thohir Sebut BUMN Bakal Dukung Ekosistemnya

RI Punya Pabrik Baterai Kendaraan Listrik, Erick Thohir Sebut BUMN Bakal Dukung Ekosistemnya

Ekonomi | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 08:41
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pihaknya akan mendukung ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air. Hal itu mengingat peresmian pabrik baterai PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat yang terbesar di Asia Tenggara.

Pabrik ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada, Rabu (3/7/2024) kemarin. Menurutnya, Hyundai LG Indonesia bakal memproduksi secara massal baterai yang digunakan untuk kendaraan listrik. 

Dengan keberadaan pabrik tersebut, Erick yakin bahwa Indonesia bakal menjadi pemain utama kendaraan listrik di dunia.

“Bismillah Indonesia akan menjadi pemain utama kendaraan listrik dunia,” ucap Erick melalui akun Instagramnya, dikutip Kamis (4/7/2024). 

Maka dari itu, kata Erick, BUMN berkomitmen mendukung ekosistem kendaraan listrik baik dari pertambangan nikel, pembangunan smelter, pembuatan precursor, katoda, hingga menjadi baterai ion lithium.

“HLI adalah pabrik terbesar di Asia Tenggara yang memproduksi massal baterai untuk kendaraan listrik,” ucap dia

Dalam peresmian, Jokowi percaya jika pabrik baterai kendaraan listrik menjadi babak baru dan tonggak bagi Indonesia, terutama menjadi pemain global di ekosistem EV sel baterai dan kendaraan listrik. 

“Paling penting, kita harus betul-betul bisa masuk sebagai pemain global dalam supply chain kendaraan listrik. Satu ini sudah dimulai dan ini merupakan pabrik sel baterai EV yang pertama dan yang terbesar di Asia Tenggara,” tutur Kepala Negara. 

Jokowi meyakini tidak ada yang bisa menghalangi Indonesia dalam kompetisi ekosistem kendaraan listrik karena bahan materialnya sudah ada lengkap di Tanah Air.

Topik Menarik