IHSG Rawan Profit Taking Pekan Depan, Ini Rekomendasi Sahamnya

IHSG Rawan Profit Taking Pekan Depan, Ini Rekomendasi Sahamnya

Ekonomi | inews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 20:14
share

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat signifikan pekan ini sebesar 2,69 persen di level 7.253. Kenaikan ini sekaligus mengonfirmasi level tertinggi indeks dalam sebulan terakhir.

Penguatan indeks tak selamanya kabar baik. Pasalnya, secara teknikal IHSG membentuk upper shadow panjang kedua berturut-turut pada Jumat (5/7/2024).

Indikator Stochastic RSI juga menunjukkan indeks berada di area jenuh beli alias overbought. Ini didukung volume transaksi yang mulai merosot dibandingkan pekan lalu.

Hal ini mengindikasikan akumulasi beli mulai terbatas, waspadai potensi profit taking pekan depan, tulis riset Phintraco Sekuritas, Jumat (5/7).

Secara fundamental tingkat suku bunga tinggi masih menjadi perhatian investor. Amerika Serikat sebagai salah satu kiblat pasar baru saja merilis non-farm payrolls (NFP) yang mengalami moderasi, sehingga masih menjadi katalis positif bagi pasar.

Laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan angka non-farm payrolls meningtkan sebesar 206.000 pekerjaan pada Juni. Meski angka ini lebih tinggi dari perkiraan, tetapi lebih rendah dari Mei yang mencapai 218.000.

Moderasi pasar tenaga kerja ini membawa angin segar bagi bursa saham seiring sinyal bahwa level suku bunga Fed Rate saat ini telah berdampak signifikan, sehingga diyakini dapat segera dipangkas pada sisa akhir tahun ini.

Phintraco mewaspadai IHSG dapat menguji support di 7.140, dengan area pivot di 7.200. Sementara resistance terdekat di 7.250.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan pekan depan antara lain INCO, MEDC, AMRT, ICBP, TLKM, dan EXCL.

Topik Menarik