Penikaman di Mal Israel, 1 Tentara Zionis Tewas

Penikaman di Mal Israel, 1 Tentara Zionis Tewas

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 06:16
share

TEL AVIV, iNews.id - Salah satu dari dua korban penikaman di mal Kota Karmiel, Israel, Rabu (3/7/2024), tewas. Korban adalah seorang tentara Zionis yang sedang tidak bertugas.

Satu korban lainnya menderita luka, namun tidak mengancam nyawa. 

Sementara itu seorang pelaku ditembak mati saat berusaha kabur dari lokasi. Portal berita Israel Ynet mengidentifikasi pelaku sebagai Joud Rabia asal Nahaf, kota di Israel tempat tinggal komunitas Arab-Israel.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Kepolisian Israel menduga serangan tersebut bermotif teror.

Kelompok perlawanan Palestina Jihad Islam, dalam posting-an di situs Telegram, memuji serangan itu sebagai operasi heroik.

Berdasarkan rekaman CCTV yang disiarkan stasiun televisi Channel 12, seorang pria berkaos biru mendekati kedua pria dari belakang. Dia kemudian menikam salah satunya di bagian leher. Setelah itu, pelaku menghujamkan pisaunya ke tubuh orang kedua.

Dalam kondisi luka parah, pria pertama yang ditikam masih bisa menembakkan senapan otomatis yang dibawanya ke arah pelaku yang berusaha kabur dari mal. Pelaku tewas akibat diberondong tembakan.

Kementerian Pertahanan Israel menyebut pria pertama yang ditikam itu sebagai Aleksandr Iakiminskyi. Dia tentara berpangkat sersan berusia 19 tahun. Iakiminskyi sempat menjalani perawatan di rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong.

Ini merupakan serangan kesekian kali dilakukan terhadap warga Israel sejak perang di Jalur Gaza pada 7 Oktober.

Pada Januari lalu, seorang warga Palestina menyeruduk para pejalan kaki di Israel, menewaskan seorang perempuan dan melukai 12 lainnya.

Topik Menarik