Zelensky Disebut Bakal Pecat Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, Lho Kenapa?

Zelensky Disebut Bakal Pecat Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, Lho Kenapa?

Terkini | inews | Kamis, 4 Juli 2024 - 06:00
share

KIEV, iNews.id - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky disebut sudah bosan dengan Perdana Menteri Denys Shmyhal. Hal itu terlihat dari sikapnya dalam berbagai rapat, dan Zelensky pun dikatakan berencana memecatnya.

Kabar itu diungkapkan oleh surat kabar Ukraina, Ukrainska Pravda, lewat laporannya pada Rabu (3/7/2024), dengan mengutip sejumlah sumber yang dekat dengan pemimpin Ukraina tersebut.

"Dia (Zelensky) bahkan sudah tidak terlalu mendengarkannya (Shmyhal) lagi. Ini lebih masalah emosional daripada salah perhitungan... Zelensky terus-menerus menginginkan solusi dan saran yang kreatif, dan meski Shmyhal telah menunjukkan perkembangan dalam beberapa tahun terakhir, dia tidak bisa mengubah sepenuhnya," kata seorang sumber di kantor Zelensky, seperti dikutip surat kabar tersebut.

Menteri Pembangunan Ekonomi Ukraina, Yulia Svyrydenko, disebut-sebut sebagai sosok yang berpotensi menggantikan Shmyhal. Hal itu diungkapkan oleh anggota parlemen Ukraina, Oleksandr Dubinsky, yang saat ini ditahan karena dicurigai melakukan makar.

“Zelensky akan terbang ke KTT NATO (di Washington DC, AS) bersama dengan Svyrydenko, yang ingin dia hadirkan sebagai perdana menteri masa depan,” kata Dubinsky melalui Telegram.

Wakil kepala kantor Zelensky, Oleksiy Kuleba, dan pemimpin perusahaan minyak Naftogaz Ukraina, Oleksiy Chernyshov, juga berpeluang mendapatkan jabatan menteri, kata Dubinsky.

Pada April lalu, penasihat Zelensky, Mykhailo Podolyak mengatakan, sang presiden akan memulai perombakan pemerintahan dan beberapa kementerian akan memiliki peran yang berbeda.

Topik Menarik