Selebrasi Gol Pemain Turki Acungkan Telunjuk dan Kelingking Bikin Geram Jerman, Kenapa?

Selebrasi Gol Pemain Turki Acungkan Telunjuk dan Kelingking Bikin Geram Jerman, Kenapa?

Terkini | inews | Rabu, 3 Juli 2024 - 18:50
share

BERLIN, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jerman Nancy Faeser mengecam isyarat tangan yang dilakukan pemain timnas sepak bola Turki, Merih Demiral, saat selebrasi di Euro 2024. 

Isyarat jari telunjuk dan kelingking diangkat kemudian jari tengah dan jempol dijulurkan ke depan tersebut ditunjukkan Demiral dalam laga timnas Turki versus Austria di Red Bull Arena, Leipzig, Jerman, Selasa (2/7/2024) malam waktu setempat. Satu dari dua gol yang dicetak Tim Bulan Sabit Bintang -julukan Timnas Turki- ke gawang Austria dibuat Demiral. 

“Simbol ekstremis sayap kanan Turki tidak mendapat tempat di stadion kami,” kata Faeser, dalam postingannya di media sosial X, seperti dilaporkan kembali Reuters, Rabu (3/7/2024).

Isyarat jari telunjuk dan kelingking itu disebut dengan 'hormat serigala'. Simbol itu terkait dengan kelompok ekstremis sayap kanan Turki "Serigala Abu-Abu". 

Menurut Faeser, kelompok itu berada dalam pengawasan badan intelijen dalam negeri Jerman.

“Menggunakan kompetisi Sepak Bola Eropa sebagai ajang rasisme benar-benar tidak bisa diterima. Kami berharap UEFA menyelidiki kasus ini dan mempertimbangkan sanksi,” ujarnya.

Topik Menarik