Mengenal Virus West Nile, Bisakah Menular antar Manusia?

Mengenal Virus West Nile, Bisakah Menular antar Manusia?

Gaya Hidup | inews | Selasa, 2 Juli 2024 - 15:48
share

JAKARTA, iNews.id - Virus West Nile menjadi ancaman bagi warga Israel. Penyakit tersebut dilaporkan telah menginfeksi 100 orang Israel. 

Kebanyakan pasien infeksi virus West Nile tinggal menetap di bagian tengah. Beberapa di antaranya berasal dari wilayah Sharon dan mereka dirawat di rumah sakit Meir Medical Center di Kafr Saba. 

Berdasarkan laporan Jerusalem Post, virus ini sudah menyebabkan banyak pasien dirawat secara intensif di ICU. Pasien-pasien itu sampai memerlukan ventilator dan obat-obatan khusus untuk membantu tetap bertahan hidup.

Virus West Nile itu sendiri diketahui berasal dari nyamuk. Kemudian menyebar ke manusia lewat gigitan nyamuk. Banyak hewan juga terinfeksi virus ini, termasuk burung.

Menjadi pertanyaan sekarang, apakah virus West Nile dapat menyebar antar manusia? Dijelaskan dalam laporan Jerusalem Post, virus West Nile sampai saat ini dipastikan tidak bisa menyebar ke sesama manusia.

"Penyakit ini tidak menular antar manusia," jelas laporan tersebut, dikutip MNC Portal, Selasa (2/7/2024).

Meski begitu, manusia tetap diperingati untuk waspada, terlebih jika menunjukkan gejala seperti demam, sakit kepala, lemas, nyeri sendi dan otot, konjungtivitis atau mata merah, ruam, dan mual serta muntah.

"Selain demam lebih dari seminggu, disarankan segera ke dokter jika muntah ketika mencoba minum, tidak buang air kecil selama 10 jam, napas cepat, dan penurunan kesadaran," tuturnya. 

Topik Menarik