Terungkap! Ini Penyebab Marc Marquez Terjatuh di Sprint Race MotoGP Belanda 2024

Terungkap! Ini Penyebab Marc Marquez Terjatuh di Sprint Race MotoGP Belanda 2024

Olahraga | inews | Minggu, 30 Juni 2024 - 11:00
share

ASSEN, iNews.id - Penyebab pembalap Gresini Racing, Marc Marquez terjatuh di sprint race MotoGP Belanda 2024 akhirnya terungkap. Dia mengaku kehilangan kendali roda depan saat menyalip Aleix Espargaro. 

Marc Marquez terjatuh di tikungan kedua saat sprint race yang berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda pada Sabtu (29/6/2024) malam WIB, baru berlangsung dua laps. Menempati posisi kelima, The Baby Alien mencoba naik ke posisi keempat.

Sayangnya, Marc Marquez gagal menyalip Aleix Espargaro selepas keluar dari tikungan kedua. Juara enam kali MotoGP itu pun terjatuh, sehingga harus kehilangan poin.

"Sejujurnya, saya tidak berencana menyalip Aleix (Espargaro). Namun tidak ada pilihan lain selain menyalipnya di tikungan cepat ini. Saya tidak terlalu cepat, tapi saya kehilangan roda depan di tikungan itu," kata Marc Marquez di kutip dari Speedweek, Sabtu (29/6/2024).

Pembalap asal Spanyol itu mengaku kesalahannya dalam mengambil jarak antara dirinya dengan pembalap lain. Marc Marquez pun kesal, karena membuat kekacauan yang berujung kerugian untuk dirinya sendiri.

"Itu jelas merupakan kesalahan saya. Saya sedikit salah mengambil garis. Itu bukan masalah di lap 1, tapi di lap 2 saya sedikit salah menilai jarak saya ke kerb (garis berwarna yang berada di sisi luar atau tepi lintasan) karena ada pembalap lain," ujarnya.

"Saya menyentuh kerb dengan pijakan kaki saya, yang menyebabkan saya melenceng. Itu sangat menjengkelkan, saya mengacaukannya," jelasnya.

Kendati demikian, Marc Marquez ingin mendapatkan hasil bagus saat race utama karena tak ingin meninggalkan Belanda dengan perasaan kecewa. 

"Yang penting sekarang adalah meninggalkan Assen dengan perasaan yang baik lagi, itu berarti saya membutuhkan hasil. Perasaan saya dengan motornya sangat bagus sejak awal. Tapi saya ingin membawa hal itu hingga finis," ucapnya.

Kegagalan mendapatkan poin di sprint race MotoGP Belanda 2024 membuat Marc Marquez semakin tertinggal dari Jorge Martin. Pasalnya, dia terpaut 44 poin dari pemimpin klasemen sementara MotoGP 2024 tersebut.

Balapan utama di MotoGP Belanda 2024 akan berlangsung pada Minggu (30/6/2024) pukul 19.00 WIB. Marc Marquez akan memulai balapan dari posisi keempat di sirkuit yang memiliki panjang 4.545 km tersebut.

Topik Menarik