Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2024: Francescco Bagnaia Pole Position, Pecahkan Rekor Lap Lagi

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2024: Francescco Bagnaia Pole Position, Pecahkan Rekor Lap Lagi

Olahraga | inews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 17:09
share

ASSEN, iNews.id – Kualifikasi MotoGP Belanda 2024 menahbiskan Francesco Bagnaia berhak di pole position usai tercepat di Sirkuit Assen, Sabtu (29/6/2024) sore WIB. pembalap Ducati Lenovo itu memecahkan rekor lap lagi. 

Bagnaia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 30,540 detik. Dia melewati rekor atas namanya yang diraih pada hari pertama dan sesi Latihan Bebas 2 siang tadi.

Jorge Martin harus puas start dari posisi kedua, dengan selisih 0,081 detik dari Bagnaia. Lalu, Maverick Vinales melengkapi barisan terdepan, sedangkan Marc Marquez memulai balapan dari urutan ketujuh.


Jalannya Kualifikasi

Pada sesi Kualifikasi 1 (Q1), terjadi pertarungan ketat antara Fabio Di Giannantonio dengan Pedro Acosta. Sang pembalap GASGAS Tech3 sempat berada di urutan teratas sebelum akhirnya digusur oleh rider Pertamina Enduro VR46 Ducati itu dengan waktu 1 menit 31,679 detik.

Di belakang mereka, terdapat Fabio Quartararo yang berusaha naik ke urutan dua besar untuk lanjut ke Kualifikasi 2 (Q2), tetapi dia masih berjarak 0,178 detik dari waktu milik Diggia -sapaan Di Giannantonio.

Di menit terakhir, Quartararo sempat menggeser Diggia ke posisi ketiga di mana Acosta sudah merebut tempat teratas lebih dulu dengan waktu 1 menit 31,372 detik. Namun, pada akhirnya Diggia sukses mengalahkan sang bintang Monster Energy Yamaha dan melaju ke Q2 bersama sang wonderkid.

Di awal sesi Q2, Jorge Martin langsung tancap gas melakukan serangan waktu. Pembalap Pramac Ducati itu pun sukses berada di posisi pertama dengan waktu 1menit 30,877.

Namun setelah bertahan lama, posisi Martin diambil alih lagi oleh Francesco Bagnaia saat sesi tersisa lima menit. Sang jagoan Ducati Lenovo itu membukukan waktu tercepat di angka 1 menit 30,540 detik atau 0,337 detik lebih cepat dari sang rival.

Sementara tempat ketiga dihuni Diggia dengan Alex dan Marc Marquez di belakangnya. Lalu, Maverick Vinales berada di urutan keenam.

Pada akhirnya, Pecco tak terkalahkan hingga sesi kualifikasi berakhir sehingga dia berhak mendapatkan pole position. Sedangkan Martin, walau gagal naik lagi ke posisi teratas mampu mempertajam catatan waktunya menjadi selisih 0,081 detik saja dari Pecco.

Di belakang mereka terdapat Vinales, yang melengkapi grid terdepan. Di baris kedua start terdapat Alex Marquez, Aleix Espargaro dan Diggia. Sedangkan Marc Marquez start dari posisi ketujuh.

Hasil Kualifikasi

Q2

Q3

Topik Menarik