Ulama yang Dituduh Dalangi Kudeta Turkiye Fethullah Gulen Dilaporkan Meninggal Dunia

Ulama yang Dituduh Dalangi Kudeta Turkiye Fethullah Gulen Dilaporkan Meninggal Dunia

Global | okezone | Selasa, 22 Oktober 2024 - 05:46
share

AS - Seorang ulama ternama yang dituduh mendalangi upaya kudeta terhadap Presiden Turkiye, Recep Tayyop Erdogan, Fethullah Gulen, dilaporkan meninggal dunia dalam pengasingannya di Amerika Serikat.

Dalam laporan AFP dan Reuters, Gulen meninggal di usianya ke 83 tahun karena sakit yang dideritanya. Tak disebutkan lebih lanjut soal penyakit apa yang menyebabkan Gulen meninggal.

Sebagai informasi, Gulen meninggalkan Turkiye sejak 1999, ke Pennsylvania, Amerika Serikat karena dituduh sebagai dalang kudeta, kewarganegaraan Gulen pun dicabut Turki pada 2017.

Turki telah memerintahkan penangkapan Fethullah Gulen dan tujuh orang lainnya terkait pembunuhan duta besar Rusia untuk Turki pada 2016. Perintah itu dikeluarkan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Reuters melaporkan, Erdogan menuduh Gulen berada di balik pembunuhan Karlov dan menuduh ulama itu terlibat dalam upaya kudeta yang gagal pada Juli 2016. Gulen yang saat ini berada di pengasingannya di Amerika Serikat sejak 1999 telah membantah semua tuduhan tersebut.

Topik Menarik