Di Mata Musuh, Nasrallah Berhasil Pimpin Hizbullah Jadi Kekuatan Regional Paling Berpengaruh dan Tokoh Arab Terkemuka

Di Mata Musuh, Nasrallah Berhasil Pimpin Hizbullah Jadi Kekuatan Regional Paling Berpengaruh dan Tokoh Arab Terkemuka

Global | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 15:25
share

BEIRUT – Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah dari Lebanon telah memimpin Hizbullah melewati konflik selama puluhan tahun dengan Israel. Dia mengawasi transformasinya menjadi kekuatan militer dengan pengaruh regional dan menjadi salah satu tokoh Arab paling terkemuka dalam beberapa generasi dengan dukungan Iran.

Situs berita Axios dan media Israel melaporkan bahwa ia menjadi sasaran pada Jumat (27/9/2024) dalam serangan Israel yang mengguncang Beirut, yang terbaru dalam serangkaian serangan yang meningkat selama 10 hari yang telah mengguncang kelompok yang telah dipimpinnya selama 32 tahun.

Menurut sumber yang dekat dengan kelompok bersenjata Lebanon tersebut kepada Reuters, Nasrallah tidak dapat dihubungi setelah serangan Israel di pinggiran selatan Beirut pada Jumat (27/9/2024) malam.  

Beberapa jam setelah serangan tersebut, Hizbullah belum membuat pernyataan tentang nasibnya. Seorang sumber yang dekat dengan Hizbullah mengatakan kepada Reuters bahwa Nasrallah masih hidup dan kantor berita Iran Tasnim juga melaporkan bahwa ia aman. Seorang pejabat keamanan senior Iran mengatakan kepada Reuters bahwa Teheran sedang memeriksa statusnya.

Di antara para pendukungnya, Nasrallah dipuji karena menentang Israel dan menentang Amerika Serikat (AS). Di mata para musuhnya, ia adalah kepala organisasi teroris dan wakil teokrasi Islam Syiah Iran dalam perebutan pengaruh di Timur Tengah.

Pengaruh regionalnya telah terlihat selama hampir setahun konflik yang dipicu oleh perang Gaza, saat Hizbullah memasuki pertikaian dengan menembaki Israel dari Lebanon selatan untuk mendukung sekutu Palestina-nya, Hamas, dan kelompok-kelompok Yaman dan Irak mengikutinya, yang beroperasi di bawah payung "Poros Perlawanan".

 

"Kita menghadapi pertempuran besar," kata Nasrallah dalam pidatonya pada 1 Agustus di pemakaman komandan militer tertinggi Hizbullah, Fuad Shukr, yang tewas dalam serangan Israel di pinggiran selatan Beirut yang dikuasai Hizbullah.

Namun, ketika ribuan anggota Hizbullah terluka dan puluhan orang tewas, ketika perangkat komunikasi mereka meledak dalam serangan Israel minggu lalu, pertempuran itu mulai berbalik melawan kelompoknya.

Menanggapi serangan terhadap jaringan komunikasi Hizbullah dalam pidatonya pada 19 September, Nasrallah bersumpah untuk menghukum Israel.

"Ini adalah perhitungan yang akan datang, sifatnya, ukurannya, bagaimana dan di mana? Ini tentu saja yang akan kita simpan untuk diri kita sendiri dan dalam lingkaran tersempit bahkan di dalam diri kita sendiri," lanjutnya.

Dia belum memberikan pidato siaran sejak saat itu. Sementara itu, Israel telah secara dramatis meningkatkan serangannya, menewaskan beberapa komandan senior Hizbullah dalam serangan yang ditargetkan dan melepaskan pemboman besar-besaran di wilayah Lebanon yang dikuasai Hizbullah, yang telah menewaskan ratusan orang.

Topik Menarik