7.000 Orang Masih Hilang, Tes Darah Bantu Keluarga Bosnia Temukan Kerabat Setelah Perang 30 Tahun Lalu

7.000 Orang Masih Hilang, Tes Darah Bantu Keluarga Bosnia Temukan Kerabat Setelah Perang 30 Tahun Lalu

Global | okezone | Sabtu, 28 September 2024 - 14:06
share

BOSNIA –  Bagaimana Anda memberi tahu keluarga yang kehilangan seseorang karena genosida bahwa mereka mungkin telah menguburkan jenazah yang salah? Itulah tantangan yang sangat pelik yang dihadapi organisasi orang hilang di Bosnia dan Herzegovina.

Mereka mencoba melacak sekitar 7.000 orang yang masih belum ditemukan, hampir 30 tahun sejak berakhirnya perang Bosnia, yang berlangsung dari tahun 1992 hingga 1995.

Sementara itu, jenazah hampir 2.000 orang tergeletak tanpa identitas di kamar mayat negara itu. Kesimpulan yang jelas adalah bahwa beberapa orang yang hilang mungkin ditemukan di lokasi-lokasi ini.

Namun kemungkinan lain yang menyakitkan adalah tidak ada kerabat yang mengklaim jenazah tersebut karena mereka yakin telah menguburkan anggota keluarga mereka.

"Antara tahun 1992 dan 2001, 8.000 kasus diidentifikasi tanpa menggunakan DNA," kata Matthew Holliday, Direktur Program di Eropa untuk Komisi Internasional untuk Orang Hilang (ICMP).

Ia mengatakan bahwa meskipun sebagian besar benar, namun ada risiko jika Anda tidak menggunakan catatan gigi, sidik jari, atau DNA. Kesalahan identifikasi bisa terjadi antara 15 dan 20. Jadi, ini masalah yang cukup besar.

ICMP telah menjadi garda terdepan dalam upaya menemukan dan mengidentifikasi jenazah korban sejak didirikan pada tahun 1996. Laboratorium DNA perintisnya mulai bekerja di Sarajevo pada tahun 2001.

Sekarang, ICMP menjadi bagian dari upaya baru di Bosnia untuk mendapatkan tes darah dari anggota keluarga orang hilang. Itu termasuk beberapa dari mereka yang kasusnya sebelumnya dinyatakan selesai.

 

"Penting untuk menghubungi keluarga dan mendapatkan sampel referensi, untuk menyingkirkan kemungkinan kerabat mereka berada di kamar mayat," lanjut Holliday.

"Kami berbicara dan memandu mereka melalui proses tersebut. Hal terpenting adalah, jika Anda memberikan darah, Anda mungkin benar-benar menemukan kerabat Anda berada di rak kamar mayat. Bukankah Anda lebih suka menemukan itu keluar?,” ujarnya.

Yang hilang masih mencakup sekitar 800 korban Pembantaian Srebrenica 1995, ketika pasukan Bosnia-Serbia secara sistematis membunuh lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim Bosnia.

Setiap musim panas, beberapa korban lainnya dimakamkan, berkat kerja keras ICMP dan mitranya, termasuk Institut Orang Hilang Bosnia. Tahun ini, 14 orang dimakamkan dalam sebuah upacara di Pemakaman Potocari yang beradadekat dengan Srebrenica.

Itu dapat membuat perbedaan besar bagi keluarga dari mereka yang meninggal.

"Sulit untuk tidak memiliki tempat di mana Anda dapat memberi penghormatan kepada orang yang Anda cintai," kata Mirela Osmanovic, yang bekerja di Pusat Peringatan Srebrenica.

Dua saudara laki-lakinya yang remaja, Velid dan Ahmedin, keduanya meninggal dalam pembantaian dua tahun sebelum dia lahir.

"Syukurlah, kami menemukan jasad mereka, dan kami menguburkan mereka di Pusat Peringatan di Srebrenica. Namun, menemukan tulang-tulang mereka dan menerima apa yang telah terjadi merupakan proses yang sangat panjang,” lanjutnya.

Mirela tidak pernah mengenal saudara-saudaranya, meskipun ia telah mendengar cerita tentang mereka dari keluarganya. Dan ia sangat menyadari kesedihan, yang bercampur dengan harapan, yang dirasakan orang tuanya dalam dekade sebelum jasad putra-putra mereka ditemukan dan diidentifikasi.

 

Ia mengatakan momen itu menandai berakhirnya babak menyakitkan dalam kehidupan mereka, karena hingga saat itu mereka berharap seseorang akan mengetuk pintu dan mengatakan saudara-saudaranya masih hidup.

"Mereka dimakamkan pada tahun 2006 dan 2008. Itu sebenarnya cukup awal. Bahkan 30 tahun setelah genosida, ada keluarga yang belum menemukan orang yang mereka cintai,” pungkasnya.

Zekija Avdibegovic berasal dari keluarga seperti itu. Ia mengepalai asosiasi orang hilang di kota Ilijas, dekat Sarajevo.

Lebih dari 30 tahun sejak mereka menghilang, ia masih berharap mendapat kabar tentang suami, putra, dan tujuh anggota keluarga lainnya.

"Sejujurnya, ini adalah proses yang sangat sulit. Kami adalah dua orang muda yang mencoba membangun rumah dan membesarkan keluarga. Sekarang tujuan hidup kami hanyalah untuk mengetahui nasib orang-orang yang kami cintai dan menguburkan mereka,” ungkapnya.

Zekija berharap upaya terbaru untuk tes darah dapat memberikan beberapa jawaban dan apa yang disebutnya sebagai kelegaan.

"Saya tahu bahwa mereka terbunuh," katanya tentang anggota keluarganya. "Tetapi mengetahui seseorang tahu di mana tubuh mereka berada membuat saya khawatir. Tanpa makam untuk dikunjungi, itu sulit. Itu menambah kesedihan saya,” lanjutnya.

Waktu adalah elemen lainnya. Zekija menunjukkan bahwa dalam semakin banyak kasus, mungkin tidak ada kerabat yang masih hidup yang cocok untuk memberikan sampel darah.

Topik Menarik