Israel Rencanakan Perang Darat ke Labanon, AS Peringatkan Perang Terbuka di Timur Tengah

Israel Rencanakan Perang Darat ke Labanon, AS Peringatkan Perang Terbuka di Timur Tengah

Global | okezone | Kamis, 26 September 2024 - 07:16
share

BEIRUT - Israel menggeser titik perang dari Gaza ke Lebanon. Negara zionis tersebut Mobilisasi pasukan cadangan  ke perbatasan utara dengan Lebanon.

Mobilisasi pasukan cadangan menandakan persiapan potensial untuk operasi darat.  Militer mengerahkan dua brigade cadangan ke perbatasan utara dengan Lebanon pada Rabu pagi di tengah serangan yang terus berlanjut terhadap negara itu.
 
Mengutip Anadolu Agency di internal militer Israel mengatakan sedang mempersiapkan operasi darat di Lebanon sebagai belasan serangan udara yang terus menggempur negara itu. 

Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Herzi Halevi mengatakan militer sedang mempersiapkan serangan darat terhadap Hizbullah di Lebanon, memberi tahu sekelompok tentara bahwa "sepatu bot militer mereka akan memasuki wilayah musuh."

"Kami tidak akan berhenti, jet tempur telah menyerang sepanjang hari (di Lebanon), dan kami sedang mempersiapkan manuver," kata Kepala Staf Israel, Jenderal Herzi Halevi, dalam sebuah latihan di utara, menurut pernyataan militer.

Israel telah melancarkan gelombang serangan udara mematikan di Lebanon sejak Senin pagi, menewaskan hampir 610 orang dan melukai lebih dari 2.000 lainnya, menurut otoritas kesehatan Lebanon. 

Ini adalah perang edisi ketiga antara Hizbullah dan Israel terlibat dalam perang lintas perbatasan sejak dimulainya perang Israel di Gaza, dengan menewaskan lebih dari 41.400 orang, sebagian besar wanita dan anak-anak.

"Anda mendengar jet tempur di atas kepala; kami telah menyerang sepanjang hari. Ini dilakukan untuk mempersiapkan jalan bagi kemungkinan masuknya Anda dan untuk terus melemahkan Hezbollah," kata Halevi kepada para prajurit.

 

Halevi menambahkan, Hizbullah memperluas jangkauan tembakannya, dan memastikan jika mereka akan menerima respons yang sangat kuat. Demi memantau kesiapan, Halevi mengunjungi Brigade ke-7 di perbatasan utara, bersama dengan komandan Komando Utara, komandan Divisi ke-98, komandan Pusat Pelatihan Angkatan Darat, dan komandan Brigade ke-7, pernyataan itu menambahkan.

Perang Bubat Israel - Lebanon
 

Tensi tinggi di perbatasan Israel-Lebaon membuat Presiden AS Joe Biden khawatir. Dia memprediksi kemungkinan terjadi perang habis-habisan di Timur Tengah. "Perang habis-habisan mungkin saja terjadi, tetapi saya rasa ada juga peluangnya - kita masih berpeluang untuk mencapai penyelesaian yang secara fundamental dapat mengubah seluruh kawasan," kata Biden saat tampil di acara "The View" di ABC.

Israel memperluas serangan udaranya di Lebanon pada hari Rabu dan menembak jatuh rudal yang menurut Hizbullah ditembakkan ke badan mata-mata Mossad di dekat Tel Aviv.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Rabu bahwa sekitar 90.000 orang telah mengungsi di Lebanon minggu ini, saat Israel menggempur apa yang diklaimnya sebagai target Hizbullah di seluruh negeri, dan saat kelompok Lebanon itu menyerang balik.


 

Topik Menarik