Hampir 300 Narapidana Kabur Setelah Banjir Robohkan Tembok Penjara

Hampir 300 Narapidana Kabur Setelah Banjir Robohkan Tembok Penjara

Global | okezone | Senin, 16 September 2024 - 16:37
share

ABUJA - Banjir dahsyat merobohkan tembok di sebuah penjara di Maiduguri di timur laut Nigeria awal minggu lalu, yang menyebabkan 281 narapidana melarikan diri, kata otoritas penjara pada Minggu, (16/9/2024).

Tujuh narapidana yang melarikan diri telah ditangkap kembali dalam operasi oleh badan keamanan, kata Umar Abubakar, juru bicara Lembaga Pemasyarakatan Nigeria dalam sebuah pernyataan.

"Banjir merobohkan tembok fasilitas pemasyarakatan termasuk Pusat Tahanan Keamanan Menengah, serta tempat tinggal staf di kota tersebut," kata Abubakar, sebagaimana dilansir Reuters.

Operasi untuk menangkap kembali sisa tahanan sedang berlangsung, katanya.

Maiduguri adalah ibu kota negara bagian Borno yang awal minggu lalu mengalami banjir terburuk dalam beberapa dekade. Banjir dimulai ketika sebuah bendungan meluap setelah hujan lebat, menghancurkan kebun binatang milik negara dan menghanyutkan buaya dan ular ke dalam masyarakat yang terendam banjir.

Banjir telah menewaskan setidaknya 30 orang menurut badan tanggap darurat negara itu dan memengaruhi satu juta orang lainnya, dengan ratusan ribu orang terpaksa tinggal di kamp-kamp pengungsi.

Topik Menarik