Pangeran Arab Saudi Sambut PM China untuk Pertemuan Keempat Komite Gabungan Tingkat Tinggi Saudi-China

Pangeran Arab Saudi Sambut PM China untuk Pertemuan Keempat Komite Gabungan Tingkat Tinggi Saudi-China

Global | okezone | Kamis, 12 September 2024 - 11:10
share

RIYADH - Yang Mulia Pangeran, Putra Mahkota sekaligus  Perdana Menteri (PM) Arab Saudi, Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud, menerima PM China atau Tiongkok Li Qiang di Istana Kerajaan di Riyadh pada Rabu (11/9/2024) waktu setempat. Upacara penerimaan resmi digelar untuk menghormati para pemimpin dunia dan lagu kebangsaan Saudi dan Tiongkok dimainkan.

Putra Mahkota dan PM China mengadakan pembicaraan dan memimpin Pertemuan Keempat Komite Gabungan Tingkat Tinggi Saudi-Tiongkok. Mereka membahas kerja sama dan koordinasi, dengan fokus pada aspek politik dan keamanan, peluang perdagangan, energi, investasi, budaya, dan teknologi. Keduanya juga membahas perkembangan regional dan internasional, serta upaya kedua negara dalam hal ini.

Putra Mahkota dan PM China menandatangani risalah Pertemuan Keempat Komite Gabungan Tingkat Tinggi Saudi-Tiongkok. Putra Mahkota juga mengadakan jamuan makan siang resmi untuk menghormati Li Qiang.

Para pertemuan itu hadir pula dari pihak Saudi yakni Menteri Garda Nasional Pangeran Abdullah bin Bandar bin Abdulaziz, Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan bin Abdullah, Menteri Kebudayaan Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, Menteri Negara, Anggota Kabinet, dan Penasihat Keamanan Nasional Dr. Musaed bin Mohammed Al-Aiban, Menteri Perdagangan Dr. Majid bin Abdullah Al-Kassabi (menteri pendamping).

 

Kemudian Menteri Pariwisata Ahmed Al-Khateeb, Menteri Investasi Eng. Khalid Al-Falih, Menteri Keuangan Mohammed bin Abdullah Al-Jadaan, Menteri Media Salman bin Yousef Al-Dossary, Gubernur Dana Investasi Publik Yasir Al-Rumayyan, dan Duta Besar Saudi untuk Tiongkok Abdulrahman bin Ahmed Al-Harbi.

Sementara itu pejabat yang hadir dari pihak Tiongkok adalah Menteri Perindustrian dan Teknologi Informasi Jin Zhuanglong, Menteri Perdagangan Wang Wentao, Duta Besar Tiongkok untuk Arab Saudi Chang Hua, dan beberapa pejabat lainnya.

Topik Menarik