Ukraina Konfirmasi Gunakan Rudal HIMARS AS untuk Hancurkan Jembatan Kursk Rusia

Ukraina Konfirmasi Gunakan Rudal HIMARS AS untuk Hancurkan Jembatan Kursk Rusia

Global | okezone | Rabu, 28 Agustus 2024 - 18:24
share

UKRAINA Ukraina telah mengonfirmasi penggunaan rudal HIMARS Amerika Serikat (AS) untuk menghancurkan jembatan di Kursk. Rusia mengatakan bahwa persenjataan Barat, termasuk tank Inggris dan sistem roket AS, telah digunakan oleh Ukraina di Kursk.

Washington mengatakan tidak diberi tahu tentang rencana Ukraina sebelum serangan mendadak ke Kursk. Amerika Serikat juga mengatakan tidak ikut serta dalam operasi tersebut.

Kepala intelijen luar negeri Putin, Sergei Naryshkin, mengatakan pada Selasa (27/8/2024)bahwa Moskow tidak percaya pernyataan Barat bahwa mereka tidak ada hubungannya dengan serangan Kursk. Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov mengatakan keterlibatan AS adalah fakta yang jelas.

The New York Times melaporkan bahwa AS dan Inggris memberi Ukraina citra satelit dan informasi lain tentang wilayah Kursk beberapa hari setelah serangan Ukraina.

The Times mengatakan bahwa intelijen tersebut ditujukan untuk membantu Ukraina melacak bala bantuan Rusia dengan lebih baik.

 

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan awal bulan ini bahwa serangan di wilayah Kursk Rusia menunjukkan bahwa ancaman pembalasan Kremlin hanyalah gertakan.

Zelensky mengatakan Ukraina, karena pembatasan yang diberlakukan oleh sekutu, tidak dapat menggunakan senjata yang dimilikinya untuk menyerang beberapa target militer Rusia. Ia mendesak sekutu untuk lebih berani dalam mengambil keputusan tentang cara membantu Kyiv dalam perang.

Topik Menarik