Warga Geram Presiden Bola Tinubu Beli Pesawat Baru, Ingatkan Banyak Kasus Kelaparan dan Tingginya Biaya Hidup

Warga Geram Presiden Bola Tinubu Beli Pesawat Baru, Ingatkan Banyak Kasus Kelaparan dan Tingginya Biaya Hidup

Global | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 16:07
share

NIGERIA - Banyak warga Nigeria bereaksi dengan geram setelah sebuah pesawat baru dibeli untuk Presiden Bola Tinubu. Pembelian pesawat ini dilakukan saat ekonomi sedang mengalami krisis terburuk dalam satu generasi.

Pembelian tersebut dilakukan kurang dari dua minggu setelah ribuan orang turun ke jalan di seluruh negeri untuk memprotes meningkatnya kelaparan dan biaya hidup.

Terpilih tahun lalu untuk memimpin negara terpadat di Afrika, Tinubu telah memperkenalkan beberapa reformasi ekonomi, termasuk penghapusan subsidi bahan bakar, yang telah menyebabkan inflasi tinggi, saat ini lebih dari 30.

Presiden Tinubu mengatakan reformasi tersebut diperlukan untuk memangkas pengeluaran pemerintah dan merangsang pertumbuhan jangka panjang.

Pada bulan Januari, presiden Nigeria mengumumkan pengurangan 60 dalam jumlah delegasi perjalanan resmi, termasuk rombongannya sendiri.

Namun pada Senin (19/8/2024), presiden berangkat ke Prancis menggunakan Airbus A330 yang baru diperoleh, yang telah menjadi tambahan terbaru pada armada kepresidenan yang terdiri dari lebih dari lima pesawat.

Biaya pesawat tersebut belum diungkapkan, dan juga alasan perjalanannya.

Pengguna X @Fdmlearn mengatakan tidak benar bahwa warga Nigeria disuruh menanggung kesulitan ekonomi sementara pemerintah membeli pesawat baru untuk presiden.

"Tunggu dulu, meskipun Pemerintah yang dipimpin Tinubu memberi tahu warga Nigeria untuk menanggung kesulitan ekonomi dan menunggu hari esok yang lebih baik, mereka malah sibuk membayar tunai untuk Jet pribadi baru untuk ditambahkan ke armada kepresidenan yang sudah memiliki lebih dari 6 pesawat?, cuitnya.

Pengguna X lainnya @RealOlaudah bahkan lebih marah. "Mari kita katakan yang sebenarnya. Pembelian pesawat kepresidenan Airbus baru Tinubu seharga N150 miliar di saat kemiskinan, kelaparan, dan keinginan menunjukkan betapa jahat, egois, manja, dan tidak peka terhadap penderitaan rata-rata warga Nigeria, ungkapnya.

Namun, akun @Timi_The_Law mengatakan dia mendukung keputusan presiden karena pesawat itu bukan milik pribadi tetapi milik kantor presiden.

"Keputusan Tinubu untuk membeli pesawat baru adalah keputusan yang tepat. Pesawat itu milik kantor presiden, dan presiden mendatang akan menikmatinya," tulisnya.

Tidak diketahui apakah anggota parlemen menyetujui pembelian tersebut, yang tidak disebutkan dalam anggaran tahun ini.

Dalam sebuah pernyataan di X, asisten media Presiden Tinubu, Bayo Onanuga, mengatakan bahwa pesawat baru tersebut sebenarnya akan menghemat uang.

Pesawat baru tersebut, yang dibeli jauh di bawah harga pasar, menghemat biaya perawatan dan bahan bakar Nigeria yang sangat besar, yang mencapai jutaan dolar setiap tahunnya, cuitnya.

Jet kepresidenan baru tersebut baru-baru ini diserahkan kepada pemerintah Nigeria setelah disita oleh sebuah perusahaan Tiongkok, Zhangson Investment Co. Limited, yang memperoleh perintah pengadilan Paris untuk menyita beberapa aset pemerintah Nigeria setelah sengketa investasi dengan negara bagian Ogun di Nigeria barat daya.

Pesawat berusia 15 tahun tersebut dikatakan memiliki konfigurasi yang rumit untuk VIP dan menggantikan Boeing BBJ 737-700 negara tersebut yang berusia 19 tahun.

Pejabat Nigeria sebelumnya mengatakan bahwa armada kepresidenan memiliki biaya perawatan yang tinggi karena usia pesawatnya.

Pada Juni lalu, anggota parlemen merekomendasikan pembelian dua pesawat baru untuk presiden dan wakilnya, dengan mengatakan bahwa pesawat yang lama tidak aman.

Topik Menarik