China Peringatkan AS Ancaman Nuklir Terbesar Dunia

China Peringatkan AS Ancaman Nuklir Terbesar Dunia

Global | sindonews | Sabtu, 17 Agustus 2024 - 06:14
share

Amerika Serikat (AS) menimbulkan bahaya terbesar bagi dunia dalam hal risiko potensi konflik nuklir, menurut juru bicara Kementerian Pertahanan China Zhang Xiaogang pada Jumat (16/8/2024).

Beijing menuduh Washington membuat keputusan yang tidak bertanggung jawab dalam upaya mempertahankan hegemoninya, termasuk dengan mengintimidasi masyarakat internasional dengan persenjataan nuklirnya.

Pernyataan yang memberatkan itu muncul sebagai tanggapan atas keputusan Pentagon meningkatkan status Pasukan AS di Jepang menjadi markas pasukan gabungan di bawah komando seorang perwira bintang tiga yang melapor kepada komandan Komando Indo-Pasifik.

Pengumuman itu dibuat Departemen Pertahanan AS pada akhir Juli setelah pertemuan kepala pertahanan dan kebijakan luar negeri Amerika dan Jepang.

Menteri Pertahanan AS Llyod Austin memuji perkembangan itu sebagai salah satu peningkatan terkuat dalam hubungan militer kita dengan Jepang dalam 70 tahun pada saat itu.

Dia juga mengatakan kedua belah pihak mengadakan pertemuan tingkat menteri dua-plus-dua terpisah tentang pencegahan yang diperluas, dan itu belum pernah dilakukan sebelumnya.

Selama pertemuan tersebut, AS berjanji "mempertahankan Jepang dengan seluruh kemampuan kami, termasuk kemampuan nuklir kami," menurut menteri pertahanan.

Pada Jumat, Zhang Xiaogang menyatakan Washington dan Tokyo memainkan kartu "ancaman militer China" untuk membenarkan tindakan mereka.

Tindakan tersebut hanya memicu konfrontasi blok dan merusak perdamaian dan stabilitas regional," ungkap Zhang.

Pernyataan Pentagon pada bulan Juli menyebutkan "ekspansi persenjataan nuklir China" di antara topik yang dibahas pada "pertemuan pencegahan yang diperpanjang."

Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan China, "AS menimbulkan ancaman nuklir terbesar bagi dunia" karena memiliki "persenjataan nuklir terbesar di dunia" dan menjalankan kebijakan yang memungkinkan penggunaan senjata nuklir pertama.

Strategi Pertahanan Nasional (NDS) AS terbaru yang diterbitkan Pentagon pada tahun 2022, bersama dengan Tinjauan Postur Nuklir dan Tinjauan Pertahanan Rudal, mengidentifikasi Rusia, China, Korea Utara, dan Iran sebagai empat musuh potensial untuk perencanaan senjata nuklir.

Hal itu juga membuka pintu bagi serangan nuklir pertama dengan mengizinkan penggunaan senjata tersebut untuk mencegah serangan konvensional.

Pada tahun 2018, AS mengumumkan penarikan diri dari Perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) dengan Moskow, yang melarang kedua belah pihak mengembangkan dan menyebarkan beberapa jenis rudal berkemampuan nuklir berbasis darat.

Saat itu, Washington menyatakan mereka membutuhkan senjata semacam itu, terutama karena China tidak terikat oleh perjanjian bilateral INF.

Perjanjian bilateral terakhir yang mengikat yang membatasi persediaan nuklir Amerika dan Rusia adalah Perjanjian START baru, yang akan berakhir pada tahun 2026.

Tahun lalu, Rusia secara resmi menangguhkan partisipasinya dalam START baru, dengan alasan kebijakan AS yang bermusuhan, tetapi berjanji mematuhi ketentuan intinya, yang membatasi senjata nuklir dan sistem pengiriman.

Pada Oktober 2023, Pentagon menuduh China "dengan cepat" memperluas persenjataan nuklirnya saat Komisi Postur Strategis kongres meminta Washington bersiap menghadapi perang dengan Beijing dan Moskow.

Kemudian pada bulan yang sama, AS juga mengumumkan rencana untuk "memodernisasi" bom nuklir teratasnya.

Zhang mengatakan, Keputusan dan tindakan AS yang tidak bertanggung jawab telah mengakibatkan meluasnya risiko nuklir, dan upayanya mempertahankan hegemoni dan mengintimidasi dunia dengan tenaga nuklir telah terungkap sepenuhnya.

Dia menambahkan bahwa tindakan terbarunya di Jepang hanya memperburuk ketegangan regional dan meningkatkan risiko meluasnya nuklir dan konflik nuklir.

Topik Menarik