Presiden Iran Disebut Memohon kepada Khamenei Tak Perang Lawan Israel

Presiden Iran Disebut Memohon kepada Khamenei Tak Perang Lawan Israel

Global | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 13:13
share

Presiden Iran yang baru terpilih, Masoud Pezeshkian, dilaporkan telah memohon kepada Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei untuk menahan diri dari perang melawan Israel.

Laporan itu diterbitkan Iran International dengan mengutip beberapa sumber yang mengetahui masalah tersebut, yang berbicara dengan syarat anonim.

Iran telah mengancam akan meluncurkan serangan rudal langsung terhadap Israel untuk membalas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran pada 31 Juli lalumeskipun ada seruan untuk menahan diri dari berbagai pihak.

Namun, keinginan untuk membalas dendam ini tampaknya tidak dimiliki oleh semua pejabat tinggi di Teheran, karena ada suara-suara yang menyatakan kekhawatiran tentang kemungkinan dampaknya.

Dalam pertemuan baru-baru ini dengan Khamenei, Presiden Pezeshkian mendesak penguasa berusia 85 tahun itu untuk mencegah serangan langsung Iran terhadap Israel guna menghindari meningkatnya ketegangan menjadi perang yang tidak diinginkan, kata beberapa sumber kepada Iran International.

Pezeshkian, lanjut sumber-sumber tersebut, memperingatkan bahwa konflik dapat sangat mengganggu kepresidenannya dan menyebabkan masalah-masalah yang signifikan.

Pezeshkian juga memperingatkan bahwa langkah Israel untuk melancarkan serangan balasan yang keras terhadap infrastruktur nasional dan sumber daya energi Iran dapat melumpuhkan ekonomi Iran dan berpotensi menyebabkan keruntuhan negara para mullah tersebut.

Meskipun ada peringatan keras, sumber-sumber itu mengatakan bahwa Khamenei tetap bergeming, tidak mendukung maupun menentang kekhawatiran Pezeshkian.

Menurut sumber-sumber itu, Pezeshkian lebih lanjut memperingatkan tentang retorika dan tindakan komandan militer senior yang dapat menyeret Iran ke dalam perang, dengan mencatat bahwa dia menghadapi tekanan tanpa henti dari faksi-faksi di Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang menuntut respons militer yang kuat terhadap Israel, terlepas dari biaya sosial dan ekonomi yang signifikan.

Presiden menegaskan bahwa penentangannya terhadap tindakan militer berakar pada kepentingan nasional dan bukan karena kurangnya pengetahuan atau pengalaman dalam masalah keamanan dan militer, seperti yang diklaim oleh kubu garis keras.

Dia menekankan bahwa memulai perang dengan Israel akan membuat pemulihan ekonomi dan menjembatani jurang yang sudah dalam antara Republik Islam Iran dan warganya menjadi mustahil, yang sangat merusak kedudukan internasional Iran, yang sangat perlu ditingkatkan oleh negara itu.

Panglima Tertinggi IRGC Hossein Salami pada hari Senin mengatakan Israel akan belajar dari pelajaran setelah menerima "respons keras" Iran.

Otoritas Iran juga memberi tahu negara-negara Arab bahwa negara itu tidak lagi peduli apakah serangannya terhadap Israel akan memicu perang habis-habisan di Timur Tengah, demikian menurut laporan The Wall Street Journal .

Minggu lalu, seorang pembantu dekat Pezeshkian memberi tahu The Telegraph bahwa kelalaian keamanan yang mengakibatkan terbunuhnya Ismail Haniyeh di Teheran mungkin merupakan upaya yang disengaja oleh IRGC untuk merusak reputasi presiden baru tersebut.

"Tidak ada otak yang tidak terluka yang dapat menerima bahwa ini terjadi secara tidak sengaja, terutama pada hari pertama Pezeshkian menjabat," katanya.

"Dia mungkin harus berperang dengan Israel dalam beberapa hari pertamanya menjabat dan itu semua karena IRGC."

Permohonan pribadi presiden untuk menahan diri itu kontras dengan pernyataan publiknya yang menegaskan hak Iran untuk menanggapi pembunuhan Haniyeh oleh Israel, meskipun dia sebagian besar menghindari penggunaan bahasa yang menghasut dan bahkan mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa Teheran tidak menginginkan eskalasi.

Dalam komentarnya pada hari Rabu, Pezeshkian menjelaskan bahwa dia tidak akan mempertanyakan kebijakan yang ditentukan oleh Pemimpin Tertinggi Iran di depan umum dan dalam pertemuannya dengan pejabat asing.

"Pada upacara pelantikan dan pengambilan sumpah, saya diminta untuk berbicara tentang masalah negara, tetapi pemerintahan keempat belas tidak mengizinkan dirinya untuk mengkritik Iran di depan negara lain," paparnya.

Pezeshkian mengatakan dalam pertemuan hari Senin dengan pejabat tinggi keamanan Rusia Sergei Shoigu bahwa Iran sama sekali tidak berusaha memperluas cakupan krisis di kawasan Timur Tengah."Tetapi rezim tersebut pasti akan menerima respons atas kejahatan dan kesombongannya," katanya.

Shoigu mengunjungi Teheran untuk menyampaikan pesan de-eskalasi Presiden Vladimir Putin kepada otoritas Iran.

Presiden Iran juga mengatakan kepada koleganya dari Prancis, Emmanuel Macron, pada hari Rabu: "Iran berhak memberikan respons yang tepat" atas pembunuhan Ismail Haniyeh oleh Israel, tanpa mengulangi pernyataan keras dari Pemimpin Tertinggi Republik Islam dan otoritas militer.

Dalam pertemuannya baru-baru ini dengan Khamenei, presiden yang baru terpilih itu menekankan pentingnya kepercayaan warga negara terhadap perwakilan terpilih mereka, dengan menyoroti rendahnya jumlah pemilih dalam pemilihan presiden baru-baru ini sebagai indikator ketidakpercayaan yang mengakar, kata sumber-sumber tersebut kepada Iran International.

Pemilihan presiden Iran tahun 2024yang diadakan hampir setahun lebih awal, setelah Presiden Ebrahim Raisi meninggal dalam kecelakaan helikopter pada bulan Meimenyaksikan tingkat partisipasi pemilih terendah dalam sejarah Republik Islam Iran.

Lebih dari 16 juta orang memilih Pezeshkian, menurut angka resmi, banyak di antaranya berharap untuk mencegah kelompok garis keras memimpin ketiga cabang pemerintahan, meskipun Pezeshkian sendiri mengumumkan bahwa dia akan melaksanakan kebijakan yang ditentukan oleh Ali Khamenei.

Topik Menarik