Profil Tim Walz, Veteran Tentara Jadi Cawapres AS Pendamping Kamala Harris

Profil Tim Walz, Veteran Tentara Jadi Cawapres AS Pendamping Kamala Harris

Global | sindonews | Kamis, 8 Agustus 2024 - 14:13
share

Tim Walz telah ditunjuk menjadi pendamping Kamala Harris dalam kontestasi pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat 2024. Harris dan Walz menjadi pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Partai Demokrat.

Nama Tim Walz mungkin bukan sosok populer dalam ranah politik Amerika Serikat. Kendati demikian, pengalaman dan rekam jejaknya yang cukup mentereng telah membawanya meraih tiket cawapres.

Baca Juga: Kamala Harris Tunjuk Tim Walz Jadi Cawapres, Ini Padangannya tentang Palestina

Profil Cawapres Tim Walz Pendamping Capres Kamala Harris

Timothy James Walz atau biasa dikenal Tim Walz merupakan politikus Amerika Serikat, di mana dia menjabat sebagai Gubernur Minnesota sejak 2019.

Walz lahir di West Point, Nebraska, 6 April 1964. Artinya, dia sudah memasuki usia ke-60.

Setelah lulus SMA, Walz bergabung dengan Garda Nasional Angkatan Darat. Tercatat, dia sempat mengabdi selama 24 tahun dan meraih pangkat terakhir Sersan Mayor.

Selain jadi tentara, Walz juga sempat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Atas pencapaian gelarnya, dia bahkan pernah memperoleh pengalaman mengajar.

Baca Juga: Menakar Peluang Kamala Harris setelah Biden Mundur

Sekitar 1990-an, Walza dan istrinya pindah ke Mankato di Minnesota selatan. Di sana, dia mengajar studi sosial dan sempat melatih tim sepak bola di Mankato West High School.

Pensiun dari militer, Walz mencoba ranah politik. Dalam pemilihan pertamanya untuk Kongres tahun 2006, dia mengalahkan petahana dari Partai Republik.

Selama enam periode di Parlemen AS, Walz banyak memperjuangkan isu-isu tentang veteran. Selain itu, dia juga terus mengedepankan reformasi perawatan kesehatan hingga inisiatif energi terbaru.

Pada 2018, Walz telah mengumumkan pencalonan diri sebagai Gubernur Minnesota. Dia pun terpilih setelah mengalahkan calon dari Partai Republik, Jeff Johnson.

Sukses dengan masa jabatan pertamanya, Walz kembali maju pada 2022. Lagi, dia terpilih setelah menumbangkan Scott Jansen dari Partai Republik.

Terbaru, Walz telah dipilih oleh Kamala Harris sebagai calon cawapres di kontestasi Pilpres AS 2024. Bersama Harris, dia akan melawan Donald Trump-JD Vance dari Partai Republik.

Itulah sedikit ulasan mengenai profil Tim Walz, cawapres-nya Kamala Harris.

Topik Menarik