11 Tank dan 20 Kendaraan Lapis Baja Ukraina Invasi ke Wilayah Rusia, Putin Sebut Itu Provokasi Besar

11 Tank dan 20 Kendaraan Lapis Baja Ukraina Invasi ke Wilayah Rusia, Putin Sebut Itu Provokasi Besar

Global | sindonews | Rabu, 7 Agustus 2024 - 22:05
share

Presiden Vladimir Putin menuduh Ukraina melancarkan "provokasi besar lainnya", setelah pejabat pertahanan mengatakan sekitar 300 tentara Ukraina menyeberang ke wilayah Kursk Rusia pada hari Selasa.

Pertempuran dilaporkan sedang berlangsung di daerah tersebut, karena Moskow mengatakan pasukan yang didukung oleh 11 tank dan lebih dari 20 kendaraan tempur lapis baja, menyeberangi perbatasan dekat kota Sudzha, 10 km dari garis depan.

Ribuan orang telah meninggalkan rumah mereka di wilayah tersebut, kata pejabat. Ukraina belum mengomentari tuduhan Rusia tersebut.

Berbicara menjelang pertemuan Dewan Keamanan di Moskow, Putin menuduh pasukan Ukraina "menembak tanpa pandang bulu" ke bangunan dan tempat tinggal sipil.

Pertempuran dilaporkan terjadi di berbagai desa di wilayah Rusia sepanjang hari Selasa. Peristiwa itu diikuti oleh serangan udara Ukraina yang menewaskan tiga warga sipil dan berlanjut hingga malam, kata pihak berwenang Rusia.

"Dua puluh empat orang, termasuk enam anak-anak, terluka dalam penembakan Ukraina di wilayah perbatasan," demikian klaim Moskow.

Pada hari Rabu, Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim telah mencegah Angkatan Bersenjata Ukraina maju "jauh ke wilayah Rusia" di wilayah Kursk dan mengatakan telah menghancurkan beberapa pesawat nirawak Ukraina.

Namun, sejumlah peringatan udara terus dikeluarkan di Kursk, di mana pihak berwenang setempat mendesak penduduk untuk membatasi pergerakan mereka dan semua acara publik dibatalkan.

Cuplikan yang diunggah daring - dan diverifikasi oleh BBC - menunjukkan jet tempur terbang rendah di atas wilayah tersebut pada hari Selasa, dengan asap mengepul dari area di darat.

Gubernur daerah yang bertindak, Alexei Smirnov, mengatakan ia telah memberi pengarahan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin tentang situasi tersebut, yang katanya terkendali.

Smirnov juga mengatakan beberapa ribu orang telah meninggalkan wilayah di wilayah yang diserang dan menambahkan dokter dari Moskow dan St. Petersburg sedang dalam perjalanan untuk menawarkan bantuan. Kyiv belum mengomentari laporan apa pun tentang peristiwa di Kursk.

Seorang kolonel di militer Ukraina, Vladislav Seleznyov, mengatakan kepada saluran Nexta terkemuka bahwa serangan itu "pencegahan" dengan sekitar 75.000 tentara Rusia terus berkumpul di dekat perbatasan.

Setelah serangan lintas batas besar-besaran oleh Rusia ke wilayah Kharkiv di timur laut pada bulan Mei, ada kekhawatiran bahwa Moskow akan mencoba melakukan hal yang sama ke wilayah Sumy lebih jauh ke utara.

Dengan Ukraina yang tampaknya kini telah merebut beberapa permukiman dan jalan raya di sisi lain, ambisi tersebut mungkin telah gagal, untuk saat ini.

Namun dengan pasukan Ukraina yang sudah kewalahan dan kalah jumlah, beberapa analis militer mempertanyakan kebijaksanaan serangan lintas batas tersebut.

Ini bukan serangan pertama ke Rusia oleh para pejuang yang berbasis di Ukraina. Beberapa kelompok anti-Kremlin Rusia melancarkan serangan tahun lalu, yang berhasil digagalkan.'

Pasukan tersebut kembali menyeberang ke wilayah Belgorod dan Kursk pada bulan Maret, di mana mereka terlibat dalam bentrokan dengan pasukan keamanan Rusia.

Topik Menarik