Ilmuwan Rusia Temukan Banyak Rahasia setelah Memeriksa Rudal ATACMS Buatan AS

Ilmuwan Rusia Temukan Banyak Rahasia setelah Memeriksa Rudal ATACMS Buatan AS

Global | sindonews | Sabtu, 6 Juli 2024 - 18:15
share

Keberuntungan sedang tersenyum pada spesialis militer Rusia , karena pencarian mereka terhadap berbagai elemen ATACMS telah menghasilkan penemuan baru. Pakar Rusia baru-baru ini mengetahui submunisi rudal yang digunakan Ukraina untuk menyerang warga Rusia dan infrastruktur sipil.

Submunisi cluster, yang merupakan bagian dari rudal, adalah benda bulat berwarna hijau seukuran bola tenis, dengan selubung yang menonjol di sepanjang sumbu melingkar.

"Submunisi cluster M74. Sebuah rudal jarak jauh ATACMS memiliki 275 submunisi ini. Kaset [hulu ledak] terbuka sekitar 200 meter [656 kaki] di atas tanah. Karena bulu yang menonjol, aliran yang menyalip mulai memutarnya. Ketika mencapai sekitar 2.000 putaran, sumbat sentrifugal terpisah ke samping, dan mesin di dalamnya berputar. Primer/detonator ditempatkan berlawanan dengan penyerang. Amunisi akan meledak saat mengenai permukaan, kata seorang spesialis militer Rusia kepada Sputnik.

Ahli tersebut mengklarifikasi bahwa submunisi tersebut tidak dapat dipindahkan karena dapat meledak kapan saja, meskipun tidak langsung meledak setelah dijatuhkan.

Jadi warga sipil harus sangat berhati-hati karena dicat hijau dan sangat sulit dilihat di rumput. Tekanan fisik apa pun terhadapnya bisa berakibat buruk, tegasnya.

Pecahan ATACMS dapat tersebar dalam radius 20 meter, namun beberapa pecahan bahkan dapat menembus pintu besi dari jarak 50 meter. Jadi amunisi memiliki medan fragmentasi yang lebih kecil dan kemungkinan terkena lebih rendah, namun sifat mematikan dari fragmen tersebut merupakan ancaman yang sangat besar.

Setiap amunisi jatuh dalam jarak lima meter satu sama lain, menyebabkan kehancuran total sekaligus. Saat hujan turun, hampir mustahil untuk bersembunyi darinya, pakar tersebut menyoroti.

Para ahli Rusia juga menemukan bahwa hulu ledak tersebut pada awalnya dikembangkan untuk rudal anti-kapal, namun kemudian dipasang pada rudal ATACMS. Mereka menemukan bahwa ia memiliki tiga giroskop laser cincin dan antena GPS yang mengoreksi lintasan balistiknya.

"Sudah hampir diperiksa seluruhnya. Tidak ada rahasia lagi bagi kami," tutupnya.

Pada tahun 2023, AS mulai memasok rudal balistik ATACMS ke Ukraina. Rudal tersebut diproduksi oleh Lockheed Martin dan memiliki kaliber 610 milimeter, panjang 4 meter, dan berat 1,6 ton. Modifikasi Blok 1 memiliki jangkauan 165 kilometer (102 mil).

Presiden Vladimir Putin menyebut langkah tersebut sebagai "kesalahan lain yang dilakukan Amerika Serikat". Ia percaya bahwa senjata-senjata ini menimbulkan ancaman tambahan, meskipun tidak cukup besar untuk mengubah situasi di garis depan secara radikal.

Topik Menarik