3 Penyakit Kronis Benjamin Netanyahu yang Bisa Ancam Kesehatannya

3 Penyakit Kronis Benjamin Netanyahu yang Bisa Ancam Kesehatannya

Global | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 15:59
share

YERUSALEM - Benjamin Netanyahu selaku Perdana Menteri (PM) Israel dikabarkan memiliki beberapa penyakit serius yang mengharuskannya beberapa kali mengunjungi rumah sakit tahun lalu. PM Israel ini terkenal dengan sikapnya yang tidak kenal ampun dan terus menerus menyerang Gaza hingga membunuh lebih dari 30.000 warga Palestina.

Walaupun telah banyak pihak yang meminta rekapan kesehatan PM Israel ini, namun seringkali pihak Netanyahu, keluarganya dan pemerintahan, menutup nutupi informasi mengenai kesehatan Netanyahu. Bahkan, petisi yang meminta Pengadilan Tinggi untuk memaksa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk membagikan laporan kesehatannya secara terperinci telah diajukan tanggal 3 Maret lalu.

Melansir The Times Of Israel, petisi ini diajukan oleh anggota Partai Buruh Naama Lazimi, profesional medis, dan pihak-pihak yang terdampak langsung oleh serangan Hamas tanggal 7 Oktober dengan tujuan untuk meminta bukti bahwa Netanyahu mampu dalam mengerjakan tanggung jawabnya selaku PM Israel. Permintaan ini pun berujung tidak digubris oleh kantor Perdana Menteri.

Berikut tiga penyakit kronis Benjamin Netanyahu yang dapat mengancam kesehatannya dilansir berbagai sumber:

1. Jantung

Kesehatan Netanyahu telah dipantau secara ketat karena adanya masalah konduksi jantung selama 20 tahun. Kondisi ini bukanlah kondisi yang mengancam jiwa, namun merupakan kondisi kronis. Melansir JNS, Netanyahu pernah dirawat di rumah sakit di bawah pengawasan medis karena nyeri dada yang dimulai saat dia menghadiri kebaktian sinagoga Yom Kippur pada bulan Oktober 2022.

Kemudian pada bulan Juli 2023, Netanyahu sempat kehilangan kesadarannya dan harus kembali dirawat di rumah sakit. Melansir PBS, Netanyahu segera dipasangi alat pacu jantung seminggu setelah kejadian tidak sadarkan diri tersebut untuk mengontrol detak jantungnya. Akhirnya terungkaplah oleh staf di Pusat Medis Sheba bahwa Netanyahu telah bertahun-tahun mengalami kondisi yang dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

2. Flu berat

PM Israel pernah terkena flu sebagai akibat dehidrasi pada tahun 2023. Sebelumnya, Netanyahu pergi berlibur bersama keluarganya ke Laut Galilea di Israel utara tanpa menggunakan topi dan kurang minum.

Topik Menarik