Gunung Berapi Meletus Semburkan Abu Setinggi 5 Km, Pemerintah Filipina Naikkan Tingkat Kewaspadaan

Gunung Berapi Meletus Semburkan Abu Setinggi 5 Km, Pemerintah Filipina Naikkan Tingkat Kewaspadaan

Global | okezone | Selasa, 4 Juni 2024 - 15:04
share

MANILA - Tingkat kewaspadaan telah ditingkatkan di sebuah gunung berapi di Filipina tengah setelah meletus, sehingga menimbulkan awan abu setinggi 5 kilometer (3,1 mil) ke langit.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) dalam sebuah pesan menyatakan tingkat kewaspadaan kini berada pada level 2 dari skala 5 di Gunung Kanlaon.

Gunung berapi aktif ini terletak di Provinsi Negros Oriental dan Negros Occidental, namun warga belum disarankan untuk mengungsi,

Laporan mengenai hujan abu kasar dan bau belerang telah dilaporkan di masyarakat di lereng barat gunung berapi, kata badan tersebut, dikutip Reuters.

Dua gempa vulkanik lemah juga tercatat. Dalam meningkatkan tingkat kewaspadaan, Phivolcs mengatakan gunung berapi tersebut bisa saja meletus lebih lanjut, bisa saja terjadi letusan magmatik.

Badan seismologi telah merekomendasikan agar regulator penerbangan menyarankan pilot untuk menghindari terbang dekat puncak gunung berapi. Masyarakat juga diimbau untuk memakai masker atau menutup mulut dengan kain lembab untuk melindungi dari abu di atmosfer.

Topik Menarik