Produk Kacang Kenari Asli Ternate Jadi Juara AKI 2024

Produk Kacang Kenari Asli Ternate Jadi Juara AKI 2024

Berita Utama | sindonews | Minggu, 15 September 2024 - 05:20
share

Perasaan Irmawati A. Husen (43) campur aduk. Ia senang bukan main karena produk kacang kenarinya, Ifamoy, berhasil memenangkan Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024.

Ifamoy menjadi salah satu produk kuliner yang sukses menjadi juara dua di pergelaran AKI yang digelar pada 13-15 September 2024.

Di malam puncak AKI 2024 yang digelar di Sumarecon Serpong, Tangerang, Sabtu (14/9/2024), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengumumkan tiga pemenang AKI 2024. Salah satunya, produk Irmawati itu.

Baca Juga: Sandiaga Uno Hadiri Malam Puncak AKI 2024, Momen 4 Tahun Penyelenggaraan yang Penuh Adaptasi dan Inovasi “Saya bangga dan senang. Produk asli Ternate bisa menjadi pemenang di AKI 2024, padahal 12 peserta lainnya juga bagus-bagus,” ujar peserta asal Halmahera Selatan itu.

Irmawati tak menyangka menjadi juara, padahal dirinya sempat hampir telat untuk mendaftar.

“Saya baru daftar di hari terakhir. Hampir saja telat, tapi alhamdulillah masih sempat,” katanya.

Saat ditanya apa keunggulan dari Ifamoy, Irmawati menjelaskan, dirinya memanfaatkan kekayaan alam Ternate, yaitu kacang kenari yang menjadi salah satu hasil alam nan melimpah di sana.

Selain kacang kenari, Irmawati juga mengolah ikan tuna yang diklaim menjadi ikan tuna terbaik di Indonesia, dan banyak ditemukan di Ternate.

“Saya melihat di daerah Ternate belum banyak yang mengolah kacang kenari menjadi sesuatu yang komersil. Biasanya di sana kacang kenari hanya diolah menjadi kue Lebaran atau kue Natal,” tuturnya.

“Karena banyak yang belum mengolah dan karena pasarnya ada, akhirnya saya memanfaatkan peluang tersebut, dan ternyata pasar internasional pun suka,” kata Irmawati lagi.

Baca Juga: Menara Multimedia 30 Meter di Bali Dibuka, Suguhkan Permainan Audio Visual Menakjubkan

Irmawati mengungkapkan, brand Ifamoy sudah pernah dibawa ke Turki dan Rusia. Pasar internasional tersebut menyambut baik kacang kenari khas Ternate hasil olahannnya.

Sebagai informasi, Apresiasi Kreasi Indonesia bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan ekosistem ekonomi kreatif bagi para pelaku industri dan komunitas kreatif melalui peningkatan kapasitas dan berpameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik.

Ajang ini terbagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu bootcamp sebagai sesi penambahan ilmu bisnis, pameran, dan peserta terbaik dari berbagai kota penyelenggaraan AKI 2024 bakal diikutkan dalam pameran puncak AKI ini.

Topik Menarik