Stop Makan Ikan Kembung Goreng, Enaknya Dimasak Bumbu Woku

Stop Makan Ikan Kembung Goreng, Enaknya Dimasak Bumbu Woku

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 14:15
share

JAKARTA, iNews.id - Ikan kembung merupakan salah satu makanan laut yang disukai banyak orang. Ikan yang memiliki ciri khas warna putih ini disebut memiliki protein yang sangat baik.

Biasanya, ikan kembung dimasak dengan cara digoreng. Namun, kali ini Anda harus mengubah cara memasak agar tetap mendapatkan protein dari ikan kembung.

Anda bisa memasak ikan kembung dengan cara mengukus. Salah satunya dibuat menjadi ikan woku. Rasanya gurih, asem, pedas, dan wangi.

"Sekarang jadi lebih suka makan ikan tanpa digoreng apalagi di bumbu woku gini enak banget ternyata harus dicoba! Wangi khas dari daun kunyitnya kalau bisa jangan diskip yaa," tulis Instagram @winawnrsh.

Ikan kembung juga nikmat dimasak menjadi woku khas makanan Manado. Bumbunya berlimpah dengan ciri khas aroma kemangi.

Penasaran, ingin tahu resep ikan kembung woku yang enak dan menggugah selera? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (23/8/2024).

Resep Woku Ikan Kembung

Bahan:

3 ekor ikan kembung
8 bawang merah
4 bawang putih
10 cabai rawit
5 cabai keriting
2 ruas kunyit
1 ruang jahe
Seasoning garam, kaldu, gula
Daun bawang, kemangi, sereh, dan tomat
Semua bumbu dihaluskan

Cara memasak:

1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting, kunyit, dan jahe. Semua bumbu ditumis, kemudian masukkan irisan daun jeruk, daun kunyit, dan sereh.
2. Masukkan air secukupnya, masukkan ikan kembung yang sudah dibersihkan. Masukkan seasoning sesuai selera. Kemudian, masukkan daun kemangi, daun bawang, dan tomat. Setelah mendidih, woku ikan kembung siap disajikan. Selamat menikmati.

Topik Menarik