Tips Menyimpan Apel Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Apel Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Gaya Hidup | okezone | Selasa, 20 Agustus 2024 - 20:09
share

Apel merupakan salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Selain mudah ditemukan, buah apel juga memiliki rasa manis dan sensasi crunchy yang bikin nagih.

Buah apel juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan loh. Seperti melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan fungsi jantung, menurunkan risiko diabetes, menurunkan berat badan, menjaga imunitas tubuh, dan masih banyak lagi.

Melihat segudang manfaat buah apel, banyak dari mereka yang menyimpan buah apel di rumah. Namun saat menyetok buah apel di rumah harus diperhatikan cara menyimpannya agar tetap segar, tahan lama, dan tidak mudah busuk.

Lantas bagaimana cara menyimpan buah apel yang benar?

South East Asia (South) Market Manager Rockit Apple, Stephanie Widyowati, menjelaskan cara terbaik menyimpan buah apel adalah dengan ditaruh di dalam kulkas dengan suhu normal.

"Jauhkan dari makanan atau bahan lain yang berbau menyengat," ujar Stephanie Widyowati saat ditemui dalam acara Peluncuran Apel Rockit di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Sebelum dimasukan ke dalam kulkas, lanjut Stephanie, sebaiknya apel disimpan di dalam wadah tertutup agar tidak teroksidasi dengan bahan-bahan lainnya.

"Simpan di suhu dingin normal, jangan sampai beku. Yang penting jauhkan dari makanan lain yang baunya menyengat," tambah Stephanie.

Untuk usia apel di dalam kulkas sendiri menurut Stephanie akan bertahan selama empat sampai delapan minggu. Namun hal tergantung pada penyimpanannya.

"Kalau penyimpananya bagus banget, ada kulkas khusus yang jarang dibuka tutup, benar-benar untuk buah yang gak bau, mungkin bisa tahan, tapi paling lama 4 bulan di kulkas rumah tangga yang sering buka tutup, dan digunakan untuk bahan lain," tuturnya.

Namun Stephanie kembali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu lama menyimpan buah apel di dalam kulkas.

"Tapi biasanya kalau terlalu lama crunchy-nya bisa berkurang, karena biasanya paling enak dimakan langsung," tandasnya.

Topik Menarik