5 Youtuber Indonesia Sekaligus Istri WNA yang Giat Promosikan Kuliner Nusantara di Mancanegara

5 Youtuber Indonesia Sekaligus Istri WNA yang Giat Promosikan Kuliner Nusantara di Mancanegara

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 12:30
share

MESKI bermukim di luar negeri dan jauh dari Indonesia, ada sederet perempuan Indonesia berkreasi menjadi konten kreator untuk mempromosikan warisan budaya bangsa, dengan memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara di mancanegara.

Lima perempuan Indonesia yang bersuamikan warga negara asing ini sengaja sering membuat makanan khas Indonesia tak hanya untuk mengobati rasa rindu ke makanan Indonesia, tapi juga sebagai cara promosi untuk memperkenalkan diperkenalkan ke keluarga, sahabat, hingga para tetangga di negaranya masing-masing.

Lantas, siapa saja kah mereka? Menghimpun dari berbagai sumber, Jumat (16/7/2024), berikut ini ulasan lima YouTuber Indonesia sekaligus istri WNA yang giat promosikan kuliner Nusantara di luar negeri.

1. Shanty di China: Shanty, perempuan Indonesia berdarah Padang yang tinggal bersama sang suami yang asli warga negara China, tidak hanya memasak hidangan Indonesia untuk konsumsi sehari-hari, tetapi juga telah berhasil membangun bisnis kuliner Indonesia bersama keluarganya. Kepada sekira 2,2 juta subscribernya, Shanty aktif membagikan kontennya ketika memasak dan menjual berbagai menu seperti rendang, mie ayam, bubur sumsum, pempek, hingga es cendol ke warga lokal setempat.

2. YuniLeisure: Yuni Leisure, perempuan Indonesia yang tinggal di Inggris bersama suami bulenya ini juga sangat giat mempromosikan banyak makanan dan minuman asli Indonesia lewat kanal Youtube miliknya yang sudah punya lebih dari 500 ribu subscriber.

Yuni tidak hanya memasak untuk keluarga, tetapi juga sering membagikan hidangan Indonesia kepada para dokter gigi, para tetangga hingga mahasiswa yang ada di sekitar lingkungan apartemennya.

Foto: Youtube Yuni Leisure

Hidangan yang disajikan termasuk nasi tumpeng, bakso, nasi bakar, nasi tumpeng, kue tampah, pisang goreng, aneka sambal, dan masih banyak lagi lewat segmen Icip-Icip Internasional.

3. Kimbab Family: Kimbab Family menampilkan keseharian keluarga multikultural dengan latar belakang Indonesia dan Korea. Dengan sekitar 2,8 juta subscriber, Mama Gina, yang asli berasal dari Bandung, sering memasak hidangan khas Indonesia bersama suami dan ketiga anaknya, terutama makaanan khas Sunda dan sajian berbahan dasar aci yang menjadi favorit mereka.

4. BNay Channel: BNay, kanal YouTube milik pasangan mixed, Indonesia-Jerman, Nay dan Basti satu ini diketahui tinggal di Kanada dan sudah punya lebih dari 672 ribu subscriber. Nay sebagai istri sering menyuguhkan memasak masakan Indonesia dan mengundang teman-temannya yang dari berbagai negara seperti Spanyol, Brazil, Portugal, Jepang, dan India untuk mencicipi masakannya bersama-sama di rumahnya.

Foto: Youtube BNay Channel

5. Dewi Pobo: Dewi, wanita asal Yogyakarta yang tinggal di Spanyol, lewat kanal YouTube miliknya yang sudah punya lebih dari 532 ribu subscriber. Merupakan sosok perempuan khas Jawa yang suka memasak sajian tradisional Indonesia seperti ikan bakar, nasi liwet, opor, dan ketupat lebaran tak hanya untuk suami dan anak bulenya, tapi juga ke keluarga besar sang suami yang semua merupakan orang Spanyol asli.

.

Topik Menarik