Kasus Covid-19 Varian JN.1 di Indonesia Naik, Ketahui Gejalanya

Kasus Covid-19 Varian JN.1 di Indonesia Naik, Ketahui Gejalanya

Gaya Hidup | inews | Senin, 27 Mei 2024 - 18:17
share

JAKARTA, iNews.id - Kasus Covid-19 di Indonesia meningkat karena subvarian Omicron JN.1.1, JN.1, dan JN.1.39. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau masyarakat tetap waspada.

Menurut data laporan mingguan nasional Covid-19 Kemenkes periode 12-18 Mei 2024, ada 19 kasus terkonfirmasi, 44 kasus rawat ICU, dan 153 kasus rawat isolasi. Tren positivity rate mingguan berada di angka 0,65 dan nol kematian.

Tren orang yang di tes per minggu mencapai 2.474 orang. Melansir EMC Healthcare, varian virus corona JN.1 merupakan turunan dari varian BA.2.86 yang dikenal juga dengan varian Pirola dari Omicron.

Varian ini pertama kali terdeteksi di Amerika Serikat pada September 2023 dan menjadi varian virus paling umum yang menyebar di seluruh negeri.

Tak perlu panik, Anda bisa tetap menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh guna menghindari paparan Covid-19 di tengah lonjakannya. Salah satunya dengan memahami gejala dari Covid-19 varian JN. 1. Ini dia gejala Covid-19 varian JN.1.

1. Demam

Gejala pertama demam tinggi. Demam tinggi merupakan reaksi pertama yang biasa terjadi pada gejala Covid-19 termasuk pada varian JN. 1. Demam ini bisa diiringi dengan rasa mengigil dan kondisinya bisa berbeda-beda di setiap orang.

2. Batuk

Layaknya gejala Covid-19 pada umumnya, varian JN. 1 ini juga disertai dengan batuk dan sakit tenggorkan. Rasa tak nyaman hingga gatal pada tenggorokan juga dirasakan saat terpapar Covid-19 varian JN.1 ini.

3. Sesak Napas

Sesak napas juga bisa menandai gejala dari Covid-19 JN. 1. Ini menandakan virus yang sudah memengaruhi saluran pernapasan, sehingga menyebabkan napas teras berat dan sesak. Segera periksakan ke dokter bila mengalami gejala sesak napas ini.

4. Kehilangan Rasa atau Penciuman

Kehilangan rasa dan peciuman juga menjadi gejala yang timbul saat terpapar Covid-19 JN.1. Ini terjadi lantaran menyerang virus-virus ke beberapa saraf.

Ketika Covid pertama kali datang, penyakit ini ditandai dengan gejala-gejala yang sangat aneh dan tidak jelas mulai dari kabut otak, rasa lelah, dan kehilangan rasa dan penciuman, kata Ziad Tukmachi, dokter umum di Chartfield Surgery di London, Inggris.


5. Kelelahan

Rasa kelelahan juga menjadi tanda gejala dari paparan Covid-19 varian JN. 1. Biasanya, Anda akan merasakan kelelahan ekstrem meski tak melakukan aktivitas berat. Hal ini lantaran tubuh bekerja lebih keras melawan infeksi virus akibat paparan Covid-19 varian JN. 1 ini.

6. Nyeri Tubuh

Satu lagi ialah gejala nyeri tubuh. Tubuh yang terasa ngilu atau nyeri ini juga biasanya disertai dengan demam tinggi. Segera menuju faskes terdekat bila mengalami gejala tersebut.

Topik Menarik