5 Fakta Menarik Wayang Kulit, Pentas Seni Khas Jawa yang Digelar Relawan Ganjar-Mahfud

5 Fakta Menarik Wayang Kulit, Pentas Seni Khas Jawa yang Digelar Relawan Ganjar-Mahfud

Gaya Hidup | okezone | Senin, 30 Oktober 2023 - 06:34
share

PASANGAN Calon Presiden (Paslon) Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menerima dukungan penuh dari Forum Komunikasi Seniman dan Dalang Indonesia (FKSDI) Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Anggota FKSDI dan Dalang Wartoyo Wonge Ganjar Pranowo (DWGP) rela berkumpul di Alun-Alun Karanganyar, pada Jumat malam lalu.

Mereka menggelar pertunjukan wayang kulit yang mengangkat cerita \'Wahyu Keprabon\' yang mengisahkan perjalanan Gatotkaca dari masa pelatihan masa kecilnya di Kawah Candradimuka hingga menjadi seorang ksatria dan raja di Pringgodani pada masa dewasanya.

Pertunjukan wayang kulit ini disambut dengan antusiasme oleh ratusan penonton yang memenuhi kursi yang telah disiapkan.

Bahkan beberapa di antara mereka memilih untuk duduk di sekitar halaman alun-alun untuk menikmati pertunjukan tersebut.

Ki Sular, seorang anggota FKSDI, menjelaskan bahwa pertunjukan wayang kulit ini merupakan cara untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2023 lalu, sekaligus menjadi wujud dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud. Selain itu, pertunjukan wayang kulit ini dianggap sebagai hadiah ulang tahun Ganjar yang ke-55.

"Semoga pasangan tersebut bisa memenangkan kontestasi Pilpres 2024 dan selalu amanah. Beliau (Ganjar) sangat senang dengan kesenian dan budaya," kata Ki Sular yang juga anggota DPRD Kabupaten Karanganyar dari Fraksi PDIP.

Ganjar dan Mahfud MD

(Foto: IG/@mohmahfudmd)

Fakta wayang kulit

Berasal dari tradisi kuno masyarakat Jawa, wayang kulit telah diakui sebagai mahakarya yang tak ternilai harganya dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

Di dalam budaya Indonesia, pertunjukan wayang kulit seringkali menjadi bagian dari acara hajatan pernikahan dan berbagai tradisi lainnya yang bertujuan menghibur masyarakat. Selain itu, wayang kulit juga memiliki fakta menarik yang menarik untuk dijelajahi.

1. Sejarah wayang kulit

Fakta menarik tentang wayang kulit adalah sejarahnya dari wayang kulit yang kaya. Awalnya, wayang kulit berkembang di lingkungan istana, terutama dalam budaya Jawa.

Wayang ini dianggap telah ada sejak sekitar 1500 tahun sebelum Masehi. Seni tradisional yang khas bagi budaya Jawa ini berasal dari para cendekia nenek moyang suku Jawa di zaman dahulu.

Pada awalnya, bentuk wayang kulit sangat sederhana, terbuat dari rerumputan yang diikat. Wayang ini digunakan dalam upacara ritual untuk menghormati roh nenek moyang dan dalam berbagai upacara adat Jawa. Bahkan, wayang kulit tertua yang pernah ditemukan berasal dari abad ke-2 Masehi.

2. Berawal dari cerita kuno

Wayang kulit dikenal dengan cerita klasik yang berasal dari Jawa, dan selama berabad-abad, seni wayang ini berkembang di Keraton Jawa dan Bali.

Wayang Kulit

(Foto: IG/@fauzie_helmy)

Kemudian, tradisi wayang ini menyebar ke pulau-pulau lain, termasuk Lombok, Madura, Sumatera dan Kalimantan mengikuti berbagai gaya pertunjukan lokal dan musik yang berkembang sesuai dengan ciri khas setiap daerah.

3. Alur cerita

Dalam alur ceritanya, pertunjukan wayang dimulai dengan adegan seorang raja yang duduk di singgasananya di depan para pengikutnya. Ini menggambarkan aspirasi umum orang tua untuk melihat anak mereka mencapai prestasi tertinggi dalam hidupnya.

Dalam pertunjukannya, wayang secara simbolis menggambarkan berbagai tahapan dalam kehidupan tokoh-tokohnya, termasuk masa kelahiran, masa dewasa, dan akhirnya, saat kematiannya.

Topik Menarik