Ini Jenis Buah yang Bagus untuk Buka Puasa Menurut Ahli Gizi UM Surabaya

Ini Jenis Buah yang Bagus untuk Buka Puasa Menurut Ahli Gizi UM Surabaya

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 23 Maret 2023 - 15:19
share

JAKARTA, iNews.id - Pemenuhan gizi yang seimbang harus diperhatikan setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa. Ternyata, ada beberapa jenis buah yang bagus untuk puasa Ramadhan. Seperti apa?

Ahli Gizi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tri Kurniawati menjelaskan pemenuhan zat gizi yang tepat saat berbuka puasa adalah 30 persen untuk makan utama, 10 persen untuk takjil, 15 persen untuk selingan setelah tarawih, 30 persen untuk makan utama pada saat sahur dan 15 persen untuk selingan sebelum imsak.

Jika tidak dipenuhi akan terjadi masalah, seperti anemia hingga gizi kurang. Jika tidak diatasi, kata Tri, masalah ini akan membuat ibadah puasa seseorang menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu, kata Tri, asupan yang penting untuk dikonsumsi saat puasa adalah buah-buahan. Pasalnya, vitamin dan mineral dalam buah bisa memelihara fungsi optimal proses metabolisme hingga melindungi proses oksidatif yang dapat menimbulkan radikal bebas.

Asupan sumber bahan makanan yang penting pada saat berbuka dan memenuhi kebutuhan tubuh adalah asupan buah-buahan, kata Tri dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Kamis (23/3/2023).

Lebih lanjut, Tri membagikan beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi pada saat berbuka. Menurutnya, salah satu buah yang baik dikonsumsi saat berbuka adalah buah yang memiliki rasa manis, dalam hal ini adalah buah kurma.

Menurutnya, kurma atau madu adalah beberapa jenis makanan pembuka yang direkomendasikan. Hal itu berdasarkan kandungan gula alami yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah kurma asli 70 persen mengandung gula yang bersifat alami (sukrosa dan fruktosa), mudah diserap tubuh dan cepat menghasilkan energi sehingga bermanfaat untuk menormalkan kadar gula darah yang menurun saat puasa. Kurma juga kaya akan kalsium, zat besi, vitamin K, asam folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, antosianin dan serat pangan, ujar Tri.

Tak lupa, Tri mengimbau umat muslim yang berpuasa menghindari buah yang mengandung gas, seperti nangka dan durian. Ia menyebut, buah yang mengandung gas tinggi dapat menyebabkan kembung dan perut terasa penuh, sehingga akan mengurangi asupan bahan makanan lainnya.

Terakhir, ia mencontohkan buah-buahan dengan kandungan air yang baik untuk tubuh saat berbuka adalah semangka, jeruk, nanas, blewah dan sejenisnya.

Topik Menarik