Tidak Hanya untuk Kecantikan, Ternyata Suntik Botox Punya Manfaat Lain

Tidak Hanya untuk Kecantikan, Ternyata Suntik Botox Punya Manfaat Lain

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 14 Maret 2023 - 10:20
share

FAJAR.CO.ID, JAKARTA Selama ini kita tahu suntik botox digunakan untuk perawatan kecantikan. Dengan botox ini kulit akan menjadi kencang sekaligus menghilangkan kerutan.

Namun, tahukah Kamu jika ternyata suntik botox ini punya manfaat lain.

Spesialis Neurologi RS Siloam, dr Fransiska Camelia Subeno SpN mengungkap bahwa botox bisa berguna untuk sistem saraf.

Botox atau Botulinum Toxin atau BoNT adalah protein dan neurotoksin yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium botulinum, yang dapat memblok taut saraf otot, dan telah digunakan di dunia medis selama lebih dari 50 tahun, katanya.

Beberapa manfaat lainnya adalah digunakan untuk perawatan medis seperti nyeri kronis, penyakit-penyakit dibagian wajah dan sebagainya.

Namun, sebenarnya botulinum toxin dapat berguna untuk kasus medis lainnya, seperti nyeri kronis atau menahun, migrain, sambungnya.

Lefarospasme (kontraksi mata berlebihan sehingga mata tertutup), spasme hemifasial (gerakan-gerakan tidak sadar pada separuh wajah), distonia (kekakuan otot yang menyebabkan perubahan sumbu tubuh), spastisitas (kekakuan pasca stroke), jelasnya.

Jika di jelaskan dari segi medis bukan kecantikan. Namun, jika membahas tentang kecantikan botox ini tentu sudah tidak asing lagi.

Spesialis Kulit dan Kelamin, Klinik Shania Makassar, dr Irene Mariani Santoso SpKK FINSDV menyebutkan fungsi botox ini. Fungsinya seperti menghilangkan kerutan dan lainnya.

Botox atau botulinum toxin adalah obat yang mengandung bakteri clostridium botulinum yang memiliki efek melemaskan otot, jelasnya.

Meski memiliki efek instan dan cepat, namun ini tentunya tidak permanen. Menurutnya, kondisi setelah botox akan kembali seperti semua kisaran tiga hingga enam bulan saja.

Efeknya tidak permanen dan hanya bertahan 3-6 bulan, setelahnya maka akan kembali seperti semula, pungkasnya. (Elva/Fajar)

Topik Menarik