9 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah, Berbahan Alami dan Mudah Ditemukan

9 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah, Berbahan Alami dan Mudah Ditemukan

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 15 November 2022 - 17:14
share

BATU, iNews.id - Pernah mengalami gusi bengkak dan bernanah? Jangan khawatir, banyak cara untuk mengobati gigi bengkak dan bernanah yang bisa kamu coba hanya dengan bahan yang alami dan mudah ditemukan. Simak penjelasan berikut ini.

Gusi bernanah sangat berkaitan dengan peradangan dan pembengkakan. Nanah ini terbentuk sebagai respon alami tubuh pada infeksi bakteri.

Walaupun demikian, cara menyembuhkan gusi bernanah perlu dilakukan. Maksudnya supaya rasa sakit dan nyeri berdenyutnya segera mereda dan hilang.

Infeksi bakteri yang sebabkan timbulnya nanah ini paling umum terjadi pada gusi.

Walau sebetulnya bisa juga ada di akar dan tulang pendukung gigi. Ini membuat langkah menyembuhkan gusi bernanah dengan bahan alami penting dilakukan. Bila tidak, komplikasi cedera pada gusi dan jaringan sekitar gigi dapat terjadi.

Langkah mengobati gusi bernanah berbahan alami ini termasuk cukup aman. Bahannya gampang sekali ditemui, hingga memudahkan pengobatan. Pakai air garam, lemon, teh, lidah buaya, dan lain-lain.

Berikut bahan-bahan alami yang bisa mengobati gusi bengkak dan bernanah diantaranya adalah :

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa juga dijadikan cara menyembuhkan gusi bernanah. Daun ini diyakini efektif jaga kebersihan gigi dan mulut.

Daun jambu biji mempunyai karakter antibakteri dan antimikroba yang dapat bersihkan mulut. Obat kumur daun jambu biji mempunyai efek positif pada pengendalian plak.

Berkumur dengan daun jambu biji dapat kurangi peradangan gusi bernanah, meringankan nyeri, dan beri kesegaran napas. Daun jambu biji dapat direbus sama air, lalu dipakai untuk berkumur 2x sehari.

Air Garam

Berkumur sama air garam bisa kurangi jumlah bakteri berbahaya yang hidup di gusi. Air garam bisa menolong kurangi pembengkakan yang mengakibatkan rasa sakit di gusi.

Khususnya bengkak yang muncul karena abses dan bernanah. Langkah mengobati gusi bernanah sama air garam ini lumayan gampang.

Cuman perlu menambah 1 sendok teh garam ke air hangat.Lalu aduk sampai rata ramuannya. Berkumurlah dengan larutan garam ini minimal 2x sehari sampai bengkak berkurang.

Lemon

Asam dalam lemon bisa berperan sebagai alkali alami supaya kandungan pH dalam mulut seimbang. Lemon juga termasuk antibakteri yang efisien untuk memberantas bakteri pemicu gigi berlubang.

Jadi tidak heran kalau lemon sering dijadikan langkah menyembuhkan gusi bernanah. Perlu memeras 1 biji lemon, masukan dalam segelas air hangat.

Pakai untuk berkumur 3x sehari supaya bakteri benar-benar hilang. Pastikan tidak terjadi luka saat sebelum berkumur dengan lemon, sebab bisa perih dirasa.

Kompres dengan Air

Kompres hangat atau dingin bisa hilangkan rasa sakit dan bengkak pada gusi bernanah. Langkah mengobati gusi bernanah ini termasuk cukuplah simpel.

Untuk membuat kompres panas gusi, celup kain bersih ke air panas. Peras air yang berlebih, lalu tempelkan kain di bagian pipi atau bibir yang menutupi sisi gusi yang sakit.

Untuk kompres dingin, bungkus es dengan kain bersih dan kompres dengan cara yang sama. Kerjakan dengan teratur supaya pembengkakan gusi karena nanah segera mengempis.

Kunyit

Kunyit sebagai rempah yang kaya kandungan curcumin. Kurkumin mempunyai karakter anti-oksidan dan anti-inflamasi. Tidak bingung jika kunyit pas dijadikan langkah menyembuhkan gusi bernanah.

Kunyit mempunyai karakter antimikroba dan anti jamur.

Buat pasta kunyit dengan 1 sdt bubuk kunyit, 1/2 sdt garam dan 1/2 sdt air. Oleskan pada gusi yang bengkak, diamkan selama 10 menit. Bilas dengan berkumur memakai air bersih. Untuk hasil lebih optimal, pakai lebih teratur sampai gusi tidak bengkak dan nanahnya hilang.

Air Kelapa

Air kelapa tidak cuma berperan sebagai isotonik tubuh. Air kelapa yang beri kesegaran ini juga dapat digunakan sebagai langkah menyembuhkan gusi bernanah.

Ini disebabkan karena air kelapa mempunyai sifat antiseptik alami. Langkah menerapkannya pada gusi juga gampang.

Cuman perlu berkumur sama air kelapa alami setiap setelah menyikat gigi. Kerjakan dengan teratur untuk hasil lebih optimal.

Jahe

Jahe juga mempunyai karakter antibakteri, antijamur, anti-inflamasi, dan anti-oksidan . Sehingga memang pas dijadikan cara menyembuhkan gusi bernanah.

Rasa hangat jahe meningkatkan sirkulasi darah di gusi dan menstimulasi aliran air liur. Senyawa aktif dalam jahe yang disebut gingerol mencegah perkembangan bakteri mulut.

Hancurkan atau parut jahe sampai lembut. Tambah garam sampai membuat pasta kasar. Berikan pada gusi yang bengkak, diamkan sampai 10 menit. Basuh sama air bersih.

Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya mempunyai sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-oksidan. Tidaklah aneh bila lidah buaya dapat menurunkan pembengkakan dan membunuh bakteri di mulut.

Langkah menyembuhkan gusi bernanah dengan lidah buaya lumayan gampang. Gel lidah buaya fresh dapat dioleskan langsung ke gusi.

Bila tidak suka dioles, dapat dengan menjadikannya obat kumur. Tinggal buat jus gel lidah buaya, berkumur dengan jus lidah buaya itu dua sampai 3x sehari.

Teh

Teh sebagai minuman yangmengandung kafeinkaya akan kandungan tanin. Tanin bisa menolong kurangi rasa sakit gusi dengan membunuh bakteri pemicu iritasi dan nanah.

Langkah menyembuhkan gusi bernanah dengan teh ini juga lumayan gampang. Perlu merendam kantong teh di air mendidih selama beberapa saat.

Apabila sudah, lalu keluarkan dan biarkan lumayan dingin. Sementara teh masih hangat, oleskan langsung ke area rasa sakit atau bernanah selama kurang lebih 5 menit.

Nah, itulah deretan bahan alami yang mampu mengobati gusi bengkak dan bernanah. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik