Ternyata Oplet dan Bemo Pernah Jadi Primadona di Kota Malang

Ternyata Oplet dan Bemo Pernah Jadi Primadona di Kota Malang

Gaya Hidup | netralnews.com | Senin, 10 Oktober 2022 - 08:56
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari, akan lebih mudah jika dilakukan dengan bantuan transportasi umum.

Di Kota Malang, jenis transportasi berupa angkutan umum sudah mulai mendominasi sejak tahun 1970-an. Di tahun tersebut banyak terdapat angkutan umum berupa oplet dan bemo.

Oplet

Nama oplet berasal dari kata Chevrolet atau Opel . Oplet merupakan hasil modifikasi dari Sedan Morris oleh perusahaan Karoseri di Meester Cornelis. Pada sekitar tahun 1960-an dan 1970-an, oplet menjadi kendaraan umum paling populer di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, termasuk kota Malang.

Oplet adalah jenis kendaraan umum beroda empat dengan satu pintu di bagian belakang yang menjadi tempat keluar masuk penumpang. Karena akan digantikan oleh mikrolet, maka pada tahun 1979 izin dari oplet dicabut.

Oplet sempat terangkat kembali pada tahun 1990-an ketika tampil dalam serial Si Doel Anak Sekolahan. Pilihan warga kota untuk menggunakan oplet membawa pengaruh pada kehidupan supir oplet sepanjang dekade 1960-an.


Topik Menarik