Semarak Persaingan Pemasaran di Rimba Maya

Semarak Persaingan Pemasaran di Rimba Maya

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 2 September 2022 - 12:36
share

Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), setiap tahun ada empat hingga lima juta anak lahir di Indonesia. Sementara Kementerian Dalam Negeri mencatat, pada Desember 2021 jumlah penduduk usia anak nol hingga 14 tahun mencapai 69 juta jiwa atau 25 persen dari total jumlah penduduk yang saat ini telah mencapai lebih dari 275 juta jiwa.

Menariknya lagi, Bank Dunia dalam laporan Aspiring Indonesia Expending the Middle Class pada 2020 mencatat, ada sebanyak 45 persen populasi atau 115 juta orang berpotensi menjadi kelas menengah. Saat ini jumlah kelas menengah diperkirakan 50 juta orang lebih telah masuk dalam golongan kelas menengah.

Tingginya angka pertumbuhan penduduk di Indonesia, hingga meningkatnya taraf hidup masyarakat membuka pasar yang sangat potensial. Terutama untuk produk kebutuhan ibu dan anak, hingga kesehatan dan kecantikan.

Potensi pasar yang besar dengan persaingan yang sangat sengit di era digital pun menghadirkan beragam jenama yang berhasil menjadi pilihan konsumen.

Memahami potensi dan tren pasar tersebut, Infobrand.id bekerjasama dengan Tras N Co Indonesia untuk kali pertama menghadirkan penghargaan Brand Choice Award for Mom & Kids 2022, dan Brand Choice Award for Health & Beauty 2022.

CEO Infobrand.id Susilowati Ningsih, menjelaskan ajang ini merupakan apresiasi yang diberikan kepada para jenama lokal dan internasional di kategori kebutuhan ibu, anak, serta kesehatan juga kecantikan yang memasarkan produknya melalui lokapasar di Indonesia.

Mereka pun dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen di Indonesia. Diharapkan melalui penghargaan ini, akan semakin banyak lagi jenama yang mengoptimalkan platform lokapasar dan media sosial untuk mendorong penjualan produknya, ujar Susilowati.


Stockvault/Mohammed Hassan
Stockvault/Mohammed Hassan

Senada, CEO Tras N Co Indonesia Tri Raharjo menjelaskan, apresiaisi kepada para jenama ini, diberikan berdasarkan penilaian dengan pendekatan digital monitoring dengan mengacu kepada 3 parameter penilaian, yakni Digital Brand Awareness Aspect, Brand Choice Aspect, dan Social Media Aspect.

Riset untuk kategori ibu dan anak dilakukan pada Mei-Juli 2022, yang dilakukan terhadap 115 kategori produk dengan lebih dari 700-an brand ter-riset. Sedangkan riset untuk kategori kecantian dan kesehatan dilakukan pada Mei-Juli 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 lebih jenama.

Menurutnya, dari hasil riset untuk kategori ibu dan anak, ada 3,1 juta ulasan di internet, 605 ribu pencarian bulanan, 21,24 juta transaksi di toko luring dan daring di dua lokapasar teratas, dengan 10,85 juta review berating rata-rata 4,69.

Dok Infobrand
Dok Infobrand

Sementara untuk kategori kecantikan dan kesehatan 2022, ditemukan 2,77 juta ulasan di halaman internet, 2,17 juta pencarian bulanan, 65,4 juta penjualan di dua lokapasar teratas, dengan 39,12 juta review dan rating rata-rata 4,88.

Hasilnya, jenama seperti Momaz, Indomilk, Mamas Choice, Morinaga, dan Caladine terpilih sebagai beberapa peraih Brand Choice Award for Mom & Kids 2022 Sementara di kategori kecantikan dan kesehatan, Morris, NPure, Natur, dan Mamas Choice merupakan jenama-jenama yang dianggap sukses bersaing di ketatnya persaingan di pasar Tanah Air.

Topik Menarik