Peristiwa 26 Mei: Lift Menara Eiffel Dibuka untuk Umum

Peristiwa 26 Mei: Lift Menara Eiffel Dibuka untuk Umum

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 26 Mei 2022 - 04:41
share

JAKARTA - Sejumlah peristiwa bersejarah pernah terjadi pada 26 Mei dari tahun ke tahun. Dari sejumlah peristiwa yang terjadi pada 26 Mei, ada yang tercatat menjadi perjalanan penting dan mendunia.

Berdasarkan catatan Wikipedia, sejumlah peristiwa itu diantaranya yakni, pembukaan pertama lift Menara Eiffel untuk umum hingga lahirnya musisi sekaligus politikus, Ahmad Dhani.

Berikut ulasan singkat Okezone terkait peristiwa yang pernah terjadi pada 26 Mei dari tahun ke tahun:

1. Lift Menara Eiffel Resmi Dibuka untuk Umum

Tepat pada 26 Mei 1889, lift Menara Eiffel resmi dibuka pertama kalinya untuk umum. Sebenarnya, Menara Eiffel diresmikan pada 31 Maret 1889. Kemudian, dibuka pada 6 Mei. Namun, lift untuk naik keatas Menara Eiffel baru resmi dibuka untuk pertama kalinya pada 26 Mei.

Menara Eiffel sendiri merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.

2. Amerika dan Uni Soviet Tandatangani Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik

Pada 26 Mei 1972, Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon dan Sekretaris Jendral Partai Komunis Uni Soviet, Leonid Brezhnev menandatangani Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik. Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik sendiri berlaku selama 30 tahun, dari tahun 1972 sampai tahun 2002.

Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik adalah traktat antara Amerika Serikat dan Uni Soviet mengenai pembatasan sistem peluru kendali anti-balistik yang digunakan untuk mempertahankan wilayah terhadap senjata nuklir yang dibawa misil.

Topik Menarik