Harimau Hitam Super Langka Terekam Kamera, Wujudnya Bikin Terkesima

Harimau Hitam Super Langka Terekam Kamera, Wujudnya Bikin Terkesima

Gaya Hidup | okezone | Jum'at, 4 Februari 2022 - 12:04
share

SEDIKITNYA dua harimau belang \'hitam\' yang sudah langka tertangkap kamera berjalan-jalan di sekitar Taman Nasional Nandankanan, India timur.

Hewan menakjubkan ini hanya terlihat di negara bagian Odisha. Para ahli dalam beberapa tahun terakhir mengklaim hanya ada tujuh hingga delapan ekor dari mereka yang tersisa di wilayah itu.

Harimau hitam memiliki penampilan khas mereka karena mutasi genetik yang disebut pseudo-melanisme, di mana pola garis gelap menyatu bersama bulu oranye-emas muda, sering kali membuat kulit mereka terlihat sepenuhnya gelap.

Fotografer amatir, Satya Swagat (23), yang juga seorang mahasiswa bisnis New Delhi, hanya berjarak 30 kaki saat dia memotret hewan langka tersebut.

Harimau Hitam India

(Foto: Satya Swagat)

Semuanya berjenis kelamin jantan. Ia mengaku merinding saat bertemu pandang dengan kawanan predator ganas itu.

"Saya merinding ketika pertama kali melihat harimau melanistik. Sulit bagi saya untuk mempercayai mata saya dan untuk sesaat lupa mengambil kamera ketika kucing besar itu bergerak tepat di depan mata saya," ujar Satya.

"Saya terkejut dengan keindahan harimau langka. Saya tetap tenang dan harimau itu meminta saya untuk melihat dan membidik yang lebih baik," tambahnya.

Harimau Hitam India

(Foto: Satya Swagat)

Satya mengatakan, pertama kali mendengar tentang harimau melanistik dari teman-temannya yang telah mengunjungi Nandankanan. Tak banyak yang melihat mereka di hutan dan tidak banyak orang yang bisa sedekat itu dengan harimau langka.

"Saya mendapat kesempatan untuk memotret seekor harimau pada tahun 2020, tetapi tidak dapat mengatur bidikan yang layak. Namun, November lalu, berbeda ketika saya bisa menangkap bukan hanya satu tapi dua individu yang berbeda," ujarnya.

Harimau seperti itu langka bahkan ketika populasi kucing liar berlimpah di negara ini berabad-abad yang lalu.

Topik Menarik