Menkominfo Budi Arie Bocorkan Update Pembukaan Kantor X Milik Elon Musk di RI

Menkominfo Budi Arie Bocorkan Update Pembukaan Kantor X Milik Elon Musk di RI

Ekonomi | inews | Kamis, 17 Oktober 2024 - 18:04
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan upfate terbaru rencana kantor pembukaan kantor perwakilan X di Indonesia. Menurut dia, pihanya sedang mengkaji persoalan tersebut.
 
Budi menjelaskan persoalan tersebut dipegang oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Hokky Situngkir. Rencananya, perusahaan milik Elon Musk itu harus melewati perlakuan khusus.

"Itu lagi dikaji, dikaji sama pak Dirjen (Hokky Situngkir). Iya lagi dikaji karena kita harus treatment khusus," ucap Budi Arie saat ditemui di Morrissey Hotel Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Treatment atau perlakuan khusus tersebut, kata Budi, melihat pengalaman negara Brasil yang diblokir terlebih dahulu, baru ada negosiasi.

"Karena misalnya ada pengalaman negara seperti Brasil. Brasil kan di-ban dulu, akhirnya nego, dia harus ikutin compliance," tuturnya.

Sebelumnya, Twitter sempat memiliki kantor di Indonesia sejak 2015, namun platform tersebut dibeli oleh Elon Musk seharga 44 miliar dolar AS pada 2022 dan mengubah namanya menjadi X. Sampai saat ini X tidak memiliki kantor perwakilan di Indonesia.

Topik Menarik