Warren Buffett Kembali Jual 8,55 Juta Saham Bank of America Senilai Rp5,22 Triliun

Warren Buffett Kembali Jual 8,55 Juta Saham Bank of America Senilai Rp5,22 Triliun

Berita Utama | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 11:19
share

NEBRASKA, iNews.id - Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway kembali melepas lebih banyak saham Bank of America pada minggu ini. Saham yang dijual meningkat menjadi hampir senilai 10 miliar dolar AS atau setara Rp154,75 triliun karena Buffett menyederhanakan sebagian dari portofolio investasinya.

Dalam pengajuan peraturan, Berkshire melaporkan telah menjual 8,55 juta saham Bank of America pada minggu ini dengan harga sekitar 337,9 juta dolar AS atau setara Rp5,22 triliun. Buffett telah menjual sekitar 238,7 juta saham atau sekitar 23 persen dari kepemilikan sejak pertengahan Juli.

Mengutip Reuters, Berkshire masih memiliki sekitar 10,2 persen saham di bank terbesar kedua di AS tersebut, atau persentase yang sedikit lebih tinggi jika Bank of America belum mengungkapkan pembelian kembali saham baru-baru ini.

Adapun Berkshire masih harus terus melaporkan penjualan saham di Bank of America, termasuk penjualan yang mendorong kepemilikannya hingga di bawah 10 persen.

Setelah itu, investor kemungkinan harus menunggu laporan keuangan kuartalan Berkshire atau pengungkapan kepemilikan saham kuartalan untuk mengetahui apakah perusahaan yang berkantor pusat di Omaha, Nebraska, itu menjual lebih banyak saham.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mengharuskan pemegang saham yang memiliki lebih dari 10 persen saham perusahaan untuk mengungkapkan pembelian dan penjualan saham dalam waktu dua hari kerja.

Berkshire mengurangi kepemilikan saham terbesar kedua, yang berawal dari investasi senilai 5 miliar dolar AS pada tahun 2011. Selain itu, perusahaan tersebut juga mengurangi kepemilikan saham di Apple lebih dari setengahnya, pada paruh pertama tahun ini.

Adapun Buffett baru saja merampungkan sejumlah pekerjaan lain pada minggu ini ketika perusahaan setuju untuk membeli 8 persen saham yang belum dimilikinya di bisnis energi dan utilitas, Berkshire Hathaway Energy dari miliarder filantropi Walter Scott.

Sementara itu, hingga Juni 2024 Berkshire mengantongi uang tunai senilai 276,9 miliar dolar AS. Sementara, perusahaan juga akan menggunakan dana 2,37 miliar dolar AS untuk membeli saham Berkshire Hathaway Energy.

Buffett telah menjalankan Berkshire sejak tahun 1965. Puluhan bisnis konglomeratnya meliputi perusahaan kereta api BNSF, asuransi mobil Geico, dan operasi yang lebih kecil seperti Dairy Queen dan See's Candies.

Topik Menarik