Andi Gani Yakin Jokowi Tak Bakal Keluarkan Keppres Pergantian Ketum Kadin

Andi Gani Yakin Jokowi Tak Bakal Keluarkan Keppres Pergantian Ketum Kadin

Ekonomi | inews | Selasa, 17 September 2024 - 22:23
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta pada hari ini Selasa (17/9/2024). Dalam pertemuan itu, mereka membahas kisruh dualisme Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia.

Menurutnya Jokowi tidak akan ikut campur dengan urusan internal Kadin. Apalagi, hal ini akan berkaitan dengan perhitungan upah minimum tenaga kerja.

"Saya sangat concern dengan munas Kadin karena ini berkaitan dengan perhitungan upah minimum ke depan. Karena itu presiden menegaskan tadi saat pertemuan dengan saya, presiden tidak akan ikut campur internal Kadin," kata Andi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Andi meyakini bahwa Jokowi tidak akan menerbitkan keputusan presiden (Keppres) terkait pergantian Ketum Kadin. Ia pun berharap tidak ada yang mendorong hal itu.

Apa penjelasannya Jokowi tak akan mengeluarkan kepres pergantian ketum Kadin? Simak di halaman selanjutnya>>>

"Jadi jangan ada lagi yang mendorong presiden mengeluarkan Keppres, karena presiden sudah menegaskan dikembalikan kepada internal Kadin," ucapnya.

"Saya meyakini hal itu," tutur dia.

Jokowi, kata Andi, secara tegas berbicara kepadanya bahwa tak melakukan cawe-cawe terhadap pemilihan Ketum Kadin.

"Karena presiden dengan tegas 'Mas Andi jangan lemparkan bola panas ke saya, yang ribut Kadin kok malah dilempar ke saya.’ Itu tegas penjelasan presiden sama seperti yang beliau jelaskan tadi pagi," kata Andi.

Andi berharap masyarakat dan semua pihak tidak menuduh Jokowi melakukan cawe-cawe diakhir masa jabatan sebagai Presiden. Dirinya juga menekankan bahwa Jokowi tidak memiliki hubungan timbal balik dengan parpol mana pun.

"Sebagai loyalis beliau tentu saya juga tidak rela presiden langsung mendapatkan masalah berat yang sebetulnya beliau tidak cawe-cawe," ucapnya.

"Ada isu rumor saya terima ini adalah timbal balik, Pak Jokowi tegaskan tidak ada Mas Andi. Urusan saya dengan parpol atau ada timbal balik enggak ada. Tidak ada timbal balik apapun sehingga terjadi munas Kadin, presiden menegaskan ke saya langsung nggak ada itu," kata Andi.

Topik Menarik