Luhut Bebaskan Pajak Orang Super Kaya di Dunia Simpan Uang di RI!

Luhut Bebaskan Pajak Orang Super Kaya di Dunia Simpan Uang di RI!

Ekonomi | inews | Selasa, 17 September 2024 - 20:30
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana membebaskan pajak orang super kaya di dunia menyimpan uang di Indonesia. Hal itu melalui family office atau kantor keluarga.

Saat ini, pemerintah tengah menggodok rencana pembentukan family office. Nantinya, instansi ini akan menyediakan layanan untuk mengelola keuangan atau harta kekayaan milik satu atau lebih keluarga super kaya di dunia.
Luhut mengaku akan membebaskan pajak para orang kaya tersebut.

Sebab, bila dikenakan pajak maka para orang kaya tersebut diprediksi akan mengurungkan niatnya dan memilih menyimpan uangnya di family office yang difasilitasi negara lain, misalnya Singapura. 

“Ada orang bilang ‘lho kalau kita tidak pajakin, kita dapat apa?’ Tapi kalau bilang kita pajakin dia nggak masuk ke kita, dia lari ke tempat lain yang memberikan insentif yang bagus,” kata Luhut saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, Selasa (17/9/2024).

Luhut memandang, Indonesia harus kompetitif dengan Singapura, Hongkong, Abu Dhabi, hingga Dubai terkait dengan regulasi family office. Dengan begitu, ada banyak minat investasi yang masuk.

“Jadi negara ini harus bersiap kompetitif, kalau kita bisa kompetitif dengan Singapura, Hongkong, Abu Dhabi, Dubai, orang datang kemari,” tutur dia.

Sebagai informasi, pemerintah tengah mengincar 28.000 orang super kaya di dunia agar bisa menyimpan uangnya di kantor keluarga. Ia menilai family office menjadi peluang emas meningkatkan investasi. 

“Ini sekarang berkeliaran, tadi saya baru saja bicara sama pak Sandi ‘ndi, lu inget gak yang sekarang angka orang-orang kaya dunia yang sedang cari naruh duitnya?’ 28.000 sekian, golden opportunity, kita tinggal nyiapin tempat, family office,” ucap dia.

Topik Menarik