Menhub Pastikan Runway Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Pekan Ini

Menhub Pastikan Runway Bandara IKN Siap Didarati Pesawat Pekan Ini

Ekonomi | inews | Selasa, 10 September 2024 - 19:32
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa runway Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah bisa didarati pesawat pada pekan kedua September. Persiapan ini terutama untuk menerima Pesawat Kepresidenan terlebih dahulu.

Budi Karya menuturkan, saat ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah melakukan proses kalibrasi Bandara Nusantara di IKN sebelum siap dioperasikan. Penerbangan misi kalibrasi dilakukan pada Selasa 10 September 2024, sebagai tindak lanjut pelaksanaan verifikasi Bandara Nusantara yang dilakukan pada 8-9 September lalu.

"Setelah proses kalibrasi selesai,  bandara dapat digunakan untuk kunjungan kerja Presiden  pekan ini," kata Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (10/9/2024).

Penampakan Bandara IKN. (Foto: BKIP Kemenhub)
Penampakan Bandara IKN. (Foto: BKIP Kemenhub)

Dia menambahkan, kalibrasi adalah tahap awal dari assesment suatu bandara, yang akan dilanjutkan dengan sejumlah assessment lainnya terkait keselamatan dan keamanan penerbangan. Kalibrasi juga dilaksanakan terhadap peralatan bantu pendaratan.

"Penerbangan kalibrasi dilaksanakan untuk memastikan aspek keselamatan penerbangan telah sesuai peraturan perundangan yang berlaku serta bandar udara siap melayani. Dalam misi penerbangan kali ini, digunakan pesawat jenis King Air 350i yang dimiliki Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan," tuturnya.

Selain kalibrasi, dilaksanakan pula penerbangan validasi prosedur terbang dengan Perfomance Base Navigation (PBN). Selanjutnya, Kemenhub akan melakukan sejumlah asesmen lainnya sebelum mengeluarkan rekomendasi untuk ditindaklanjuti pengelola bandara.

Proses pembangunan Bandara Nusantara sendiri terus berlangsung dengan perkembangan yang cukup signifikan. Runway yang tersedia sekarang sudah mencapai 2.200 x 30 meter. Sementara itu, pembangunan terminal VVIP telah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan untuk terminal VIP telah rampung hampir 80 persen.

Fasilitas penunjang berupa tower ATC, gedung administrasi dan operasional serta Gedung PKP-PK juga terus dikebut pembangunannya. Adapun untuk jalan akses utama bandara telah hampir siap 100 persen, dimana nantinya akan menunjang akses dari dan menuju bandara.

Secara keseluruhan, melihat progres pekerjaan, Budi Karya optimistis bandara di Nusantara selesai dibangun pada 31 Desember 2024.

Topik Menarik