Sektor Properti Dinilai Masuk Fase Uptrend, Ini Sentimen Pendorongnya

Sektor Properti Dinilai Masuk Fase Uptrend, Ini Sentimen Pendorongnya

Ekonomi | inews | Minggu, 1 September 2024 - 17:03
share

JAKARTA, iNews.id - Sektor properti di Bursa Efek Indonesia (BEI) berpotensi kembali menguat pasca-berbagai sentimen fundamental yang terjadi. Adapun sepanjang pekan ini, indeks properti dan real estate naik hingga 5,71 persen.

Technical Analyst MNC Sekuritas, T Herditya Wicaksana menuturkan, indeks sektoral properti memang berada di fase penguatan sejak minggu lalu.

"Secara teknikal, kami mencermati IDX Property sedang berada di fase uptrendnya," ucap Herditya kepada iNews.id , Minggu (1/9/2024).

Berdasarkan data BEI, indeks sektor properti dan real estate berada di posisi 721,906 setelah di awal pekan hanya 682,887.

"Meskipun dalam jangka pendek diperkirakan akan terkoreksi terlebih dahulu untuk menguji 692-708. Penguatannya ke 747-760," tuturnya.

Penguatan sektor properti di bursa saham ini bukan tanpa alasan. Hal ini karena mayoritas emiten sempat melesat pada perdagangan pekan lalu. Emiten properti seakan dibakar semangatnya oleh kabar insentif berupa diskon 100 persen Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk rumah akan diperpanjang oleh pemerintah hingga akhir tahun ini.

Sebelumnya, pemerintah akan memperpanjang periode pemberian insentif berupa diskon 100 persen PPN untuk rumah dengan harga hingga Rp5 miliar.

Selain itu, prospek berakhirnya era suku bunga tinggi juga menopang saham properti pada hari ini. Ditambah lagi, sektor properti diprediksi terus melesat setelah Ketua Satgas Perumahan Tim Transisi Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo mengungkap rencana mendirikan Kementerian Perumahan terpisah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Langkah ini juga sejalan dengan rencana Presiden terpilih Prabowo untuk menggeber program 3 juta rumah yang terdiri atas 2 juta rumah di pedesaan dan kawasan 3 T, serta 1 juta rumah di kawasan perkotaan.

Tak hanya itu, pemerintahan baru tersebut juga berencana menghapus PPN di sektor perumahan sebagai salah satu efisiensi.

Berikut rekomendasi saham dari MNC Sekuritas yang bisa dikoleksi:
- BSDE (1360 - 1470)
- PTPP (482 - 520)
- APLN (134 - 140)

Topik Menarik