Astra Otoparts Siap Bagi-bagi Dividen 45 Persen dari Laba 2024

Astra Otoparts Siap Bagi-bagi Dividen 45 Persen dari Laba 2024

Ekonomi | inews | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 19:16
share

JAKARTA, iNews.id - PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) berkomitmen membagikan dividen kepada pemegang saham. Adapun untuk tahun buku 2024, AUTO memberikan kisi-kisi rasio pembayaran.

Direktur AUTO Sophie Handili menuturkan, perseroan secara rutin membagikan dividen baik interim maupun final. Terdapat kejutan buat investor di akhir tahun ini.

Kami akan memberikan dividen interim kemungkinan di akhir tahun ini, dan juga dividen final di tahun depan, dengan dividen rate mungkin minimal 45 persen, ujar Sophie dalam Public Expose Live 2024 secara vitrtual, Jumat (30/8/2024).

Secara historis, AUTO cukup rutin membayarkan dividen sebanyak dua kali setiap tahun buku.

Berdasarkan catatan, AUTO menebar dividen interim pada Oktober 2023, dengan menggenapi pembayaran final pada Mei 2024. Keduanya merupakan hasil kinerja perseroan tahun buku 2023, dengan dividend per share (DPS) senilai Rp172 per saham.

Laba per saham (EPS) AUTO dimungkinkan meningkat tahun ini seiring pertumbuhan laba bersih yang sudah terlihat sejak semester pertama tahun ini.

AUTO mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp1,01 triliun pada semester pertama 2024, tumbuh 26,5 persen year-on-year (yoy).

Sophie menjelaskan, kenaikan ini berlangsung sejalan dengan meningkatnya kinerja segmen usaha perdagangan, hingga kinerja ekspor segmen usaha manufaktur. Pertumbuhan ini juga ditopang oleh penjualan aset tetap.

Perseroan juga masuk ke dalam ekosistem kendaraan listrik melalui infrastruktur kendaraan listrik yang dikembangkan dan diproduksi sendiri dengan merek ALTRO.

Kami memproduksi dan mensuplai komponen EV 2W dan 4W, baik yang termasuk general parts yang similar dengan kendaraan ICE maupun specific parts khusus untuk kendaraan listrik dan terus mengembangkan produk-produk baru. kata dia.

Topik Menarik