Ini Kabar Terbaru Rencana Merger Adhi Karya dengan Nindya Karya dan Brantas Abipraya 

Ini Kabar Terbaru Rencana Merger Adhi Karya dengan Nindya Karya dan Brantas Abipraya 

Ekonomi | inews | Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:18
share

JAKARTA, iNews.id - PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) mengungkapkan kabar terbaru terkait rencana integrasi dengan PT Nindya Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero). Adapun, ADHI diberikan mandat oleh Kementerian BUMN untuk melakukan persiapan terkait rencana integrasi ini.

Direktur Utama ADHI, Entus Asnawi Mukhson menuturkan, pihaknya tengah dalam proses menyamakan laporan, culture, sistem dan lain sebagainya.

“Kami sudah diberitahukan dan sedang dalam persiapan,” ucap Entus dalam Public Expose Live 2024 secara daring, Rabu (28/8/2024).

Entus menambahkan, ketiga perusahaan BUMN itu nantinya akan membentuk sebuah perusahaan holding baru. Saat ini rencana tersebut telah sampai pada tahap evaluasi dengan konsultan mengenai manfaat dari integrasi ketiganya.

Kemudian, hasil evaluasi dengan konsultan akan kembali dievaluasi dengan konsorsium konsultan untuk membahas soal pajak, keuangan, legal dan sumber daya manusia (SDM). 

“Proses ini diharapkan akan dilakukan secara hati-hati, mengingat integrasi ini untuk menambah nilai dan penyelamatan dari masing-masing perusahaan karya,” tuturnya.

Perihal kinerja, ADHI mengantongi kontrak baru sebesar Rp12 triliun hingga Juli 2024. Perolehan kontrak baru di Juli 2024 didapat dari pekerjaan proyek gedung sebesar 50 persen, sumber daya air sebesar 29 persen, proyek jalan & jembatan sebesar 9 besar, sedangkan sisanya diperoleh dari proyek properti dan manufaktur.

Di sisi lain, sumber pendanaan bersumber dari pemerintah (Pemerintah, BUMN/D, Loan) sebesar 81 persen dan sisanya bersumber dari swasta sebesar 19 persen. Sementara ditinjau dari lini bisnis, perolehan kontrak masih didominasi 90 persen dari lini engineering & construction, sebesar 4 persen dari lini property & hospitality, sebesar 4 persen manufaktur, dan 2 persen dari lini investment & concessions

Topik Menarik